Sukses

Penyebab Batuk-Batuk dan Sesak Nafas

02 Aug 2017, 12:53 WIB
Wanita, 15 tahun.

Dok saya mau nanya. Akhir akhir ini saya sering batuk. Bulan kemarin saya batuk batuk berdahak selama 3 minggu. Terus selesai pada akhir bulan juni, dan sekarang saya mengalami batuk batuk lagi dok. Dan waktu malam sesak napas saya dok, dan besok nya saya batuk disertai sakit dada. Itu penyakit apa dok ???

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar batuk dan sesak nafas melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, Kami ini menanyakan apakah Anda memiliki kebiasaan merokok? batuk lebih dari 3 minggu memang sebaiknya dicuragi sebagai penyakit paru-paru atau TB paru. Namun pemeriksaan dahak dan rontgen digunakan untuk menegakkan diagnosis tersebut. Jika dari hasil rontgen dikatakan bersih dan tidak ada dahak kemungkinan bukan disebabkan infeksi. Jika Anda merokok maka kemungkinan besar batuk disebabkan oleh kebiasaan Anda tersebut. Sehingga sebaiknya dikurangi dan jika Anda tidak merokok, maka sebaiknya Anda mengindari asap rokok, karena perokok pasif juga mengalami keluhan yang sama seperti perokok aktif.

Apakah anda mengkonsumsi obat anti hipertensi atau obat-obatan rutin lainnya? Karena beberapa obat memang memiliki efek samping batuk dan bisa jadi sangat mengganggu sehingga perlu dipertimbangkan untuk diganti. Selain itu batuk kering lama juga bisa disebabkan karena alergi, untuk itu Anda harus mengetahui pencetus alergi yang Anda alami. Anda harus menghindari alergen tersebut sehingga terhindar dari keluhan.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar batuk dan sesak nafas, Semoga bermanfaat.

1 Komentar