Sukses

Seputar Kalazion

02 Aug 2017, 12:38 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok apakah berbahaya jika kalazion dibiarkan..

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya mengenai kalazion melalui fitur Tanya dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kalazion adalah benjolan kecil pada kelopak mata yang terbentuk akibat penyempitan saluran kelenjar meibom (di dekat bulu mata) yang memproduksi minyak. Awalnya kalazion tampak sebagai pembengkakan akibat penumpukan cairan (minyak), yang semakin lama menyerupai pertumbuhan kista. Kebocoran cairan (minyak) juga dapat terjadi dan menyebabkan peradangan pada jaringan sekitar.

Kebanyakan kalazion dapat menghilang tanpa pengobatan setelah beberapa bulan. Dapat dibantu dengan pijatan dan kompres 10-15 menit 4x/hari untuk melancarkan aliran saluran kelenjar, atau suntik steroid untuk mengurangi peradangan.

Pada kalazion yang terus membesar, dibutuhkan tindakan operasi untuk mengangkatnya. Operasi yang dilakukan bergantung pada besarnya kalazion.

Untuk ukuran kecil, cukup dengan kuret bagian granuloma yang meradang
untuk ukuran lebih besar, dilakukan pemotongan seluruh bagian granuloma. Dapat disertai pengangkatan kelenjar meibom.
Selama beberapa hari setelah operasi, mungkin akan timbul pembengkakan dan nyeri akibat perusakan jaringan yang akan menghilang seiring masa penyembuhan. Antibiotik tetes ataupun minum biasa digunakan beberapa hari sebelum dan setelah operasi pengangkatan untuk meminimalisasi risiko infeksi, namun bukan untuk mengobati kalazionnya.

Kami sarankan sebaiknya Anda kembali kontrol rutin dengan dokter spesialis mata yang menangani Anda untuk mendiskusikan penatalaksanaan lanjutan yang dapat Anda pilih. Pada kasus kalazion yang terus membesar dan tidak membaik dengan kompres dan salep memang biasanya diambil tindakan operasi. Namun sebelumnya Anda dapat memastikan langsung ke dokter spesialis mata untuk melakukan pemeriksaan fisik mata langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar