Sukses

Jerawat Di Punggung, Dada dan Badan

02 Aug 2017, 12:38 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok sebelumnya saya tidak memiliki jerawat di punggung maupun di wajah, tapi saat saya umur 16 tahun, setelah saya berenang 2 hari kemudian muncul jerawat yg sangat parah di pungpung, di seluruh wajah bahkan di area dada, lengan dan paham, Sampai sekarangpun belum juga sembuh padahal saya sudah beberapa kali ke dokter spesialis kulit dan jawabannya hanya karna faktor cuaca. Bagaimana cara mengobatinya dok?

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya seputar jerawat di punggung melalui fitur Tanya dokter.

Berikut adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan munculnya jerawat di punggung, dada, dan area badan secara umum:

Hormon
Orang yang rentan memiliki jerawat di wajah umumnya juga memiliki jerawat di punggung dan dada. Hal ini berkaitan dengan faktor hormon yang mereka miliki. Perubahan hormon dapat menyebabkan produksi minyak berlebih yang memicu munculnya jerawat.

Sebum, zat berminyak yang diproduksi kelenjar minyak bisa menyumbat pori bersama sel kulit mati dan bakteri. Ditambah lagi, punggung dan tubuh biasanya memproduksi lebih banyak minyak dibandingkan wajah. Tubuh juga memiliki lapisan kulit yang lebih tebal dan pori-pori yang lebih besar sehingga jerawat bisa muncul dalam kondisi yang lebih parah.

Iritasi
Jerawat yang muncul karena iritasi atau kerap disebut sebagai Acne mechanica mudah dijumpai di punggung. Hal ini disebabkan oleh banyaknya aktivitas kita sehari-hari yang hampir selalu melibatkan gesekan di punggung. Mulai dari memakai baju, tas, berolahraga, duduk di kursi, bahkan tidur sekalipun.

Gesekan berulang ini dapat menimbulkan iritasi dan memicu munculnya jerawat. Shaving dan waxing juga dapat menggores dan melukai kulit. Penggunaan deterjen dan sabun yang tidak cocok juga dapat memperparah iritasi. Untuk itu, hindari body lotion atau produk perawatan tubuh yang dapat menyumbat pori atau mengandung parfum dan pewarna.

Keringat
Kelembaban dan keringat juga mempengaruhi munculnya jerawat. Keringat dapat bercampur dengan sebum dan bakteri serta menyumbat pori. Karena itulah wanita dan pria yang aktif bergerak biasanya lebih rentan terkena jerawat di punggung dan dada.

Pakaian
Beberapa bahan material sintetis tertentu seperti lycra dan polyester dapat menahan kelembaban yang pada akhirnya bercampur dengan minyak. Akibatnya, pori-pori semakin tersumbat dan komedo serta jerawat mudah muncul. Pakaian yang terlalu ketat juga dapat menghalangi sirkulasi udara pada kulit dan menahan keringat.

Sprei dan selimut
Sprei dan selimut dapat menyerap kotoran dan keringat yang ada di kulit Anda. Kotoran yang semakin bertumpuk ini bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri. Jika sprei dan selimut tidak dicuci secara teratur, tumpukan kotoran bisa menimbulkan jerawat di punggung dan dada Anda.

Penyakit kulit tertentu
Beberapa penyakit kulit dapat memicu munculnya jerawat di punggung dan dada. Misalnya saja Pityriasis capitis (ketombe) yang ditandai oleh pengelupasan kulit yang berlebih. Selain itu, ada seborrheic dermatitis (peradangan yang disertai kulit bersisik dan erythema), dan polycystic ovarian diseases (PCOD).

Dengan mencari tahu penyebabnya, Anda tentu dapat menentukan langkah tepat untuk mengatasinya, serta mengambil tindakan untuk mencegah agar jerawat di badan timbul kembali.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar