Sukses

Alergi Susu Sapi ?

02 Aug 2017, 10:22 WIB
Pria, 25 tahun.

pagi dok, anak sya kan ini minumchil mil soya , anak sya umur baru 6 bulan 5 hari.. atas saran dokter minum yg jenis soya krn stlh sya ganti susu lanjutan tahap 2 anak sya malah alergi padahal sebelum susu formula yg biasa tp bukan dr morinaga.. apa noleh dok, stlh 1 - 2 bulan anak saya minum chil mil soya, sya ganti ke chil mil gold biasa ?

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar alergi susu sapi melalui fitur Tanya Dokter.

Apakah susu tahap 2 tersebut mengandung susu sapi? Pada dasarnya, anak dengan alergi susu sapi harus dihindarkan dulu dengan susu formula berbahan susu sapi dan diganti dengan susu jenis lain seperti kedelai atau almond. Namun sebelum menggunakan susu soya, sebaiknya menggunakan susu khusus seperti extensive hydrolyzed . Berikut tips yang bisa anda lakukan :

  • Mengganti produk susu
    Susu kedelai, nasi, dan susu kacang almond bisa menjadi alternatif pilihan pengganti susu sapi karena dilengkapi dengan kalsium dan vitamin D. 
  • Konsultasi dengan dokter anak
    Dalam beberapa kondisi tertentu dan kasus yang tidak terhindarkan, ketika Si Kecil memiliki alergi susu, ada beberapa dokter yang akan merekomendasikan susu formula hidrolisat Formula partially hydrolyzed (formula terhidrolisa sebagian) guna mencegah timbulnya gejala alergi pada anak yang memiliki risiko alergi karena faktor keturunan, sedangkan formula extensive hydrolyzed (formula terhidrolisa seluruhnya) umumnya diberikan kepada anak yang telah menunjukkan gejala alergi (manifestasi alergi).
  • Menghindari semua produk berbahan dasar susu sapi.

Alergi susu sapi biasanya akan menghilang perlahan-lahan ketika menjelang usia 1 tahun ke atas.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar alergi susu sapi, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar