Sukses

Kemungkinan Hamil Jika Lupa Suntik KB?

02 Aug 2017, 09:42 WIB
Wanita, 28 tahun.

Pagi dok.saya suntik kb 1 bulan.dan haidnya 2 bulan sekali.bulan juli ini saya tdk.haid.dan jdwal suntik saya tgl 22 juli.krn lupa saya suntiknya tgl 24 juli.dan tgl 22 juli itu saya melakukan hubungan dan di masuk kan ke dalam.apakah ada kemungkinan hamil.dok.mksh

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya mengenai kemungkinan hamil menggunakan fitur Tanya dokter.

Metode KB suntik ini mengentalkan lendir di dalam leher rahim, sehingga sperma tidak dapat bertemu sel telur. KB ini juga menipiskan dinding rahim dan terkadang juga menghambat pengeluaran sel telur.

Apabila digunakan dengan teratur, efektifitasnya mencapai 99%. Artinya kurang dari 1:100 wanita akan menjadi hamil dalam 1 tahun.

Kandungan zat aktif ini, dapat bertahan selama 8-13 minggu, sehingga tidak perlu memikirkan KB setiap hari atau setiap saat Anda hendak berhubungan intim. Membutuhkan waktu hingga 1 tahun agar kesuburan Anda kembali setelah kadar zat aktif menurun.

Apakah Anda teratur dengan jadwal kb suntik Anda? bila Anda selalu teratur (dan ini baru telat 2 hari), kemungkinan hamil kecil. Pemeriksaan test pack dapat mendeteksi kehamilan sejak 6-14 hari sejak berhubungan intim. Karena itu, bila hasil testpack Anda negatif, memang kemungkinan besar Anda tidak hamil. Bila Anda masih kurang yakin, test pack ini dapat diulangi lagi besok atau lusa. Bila memang negatif, segera suntik KB susulan atau ganti metode KB seperti IUD, bila memang belum menginginkan anak lagi dalam waktu dekat. Penggunaan IUD tidak memiliki efek samping seperti suntik KB dan kembalinya kesuburan akan lebih cepat, serta mencegah lupa.


Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar