Sukses

Herpes di Dada, Berbahayakah?

02 Aug 2017, 08:34 WIB
Pria, 15 tahun.

apakah penyakit herves di dada sangat membahayakan ?

Terima kasih telah bertanya mengenai herpes di dada melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami rasa tidak nyaman yang Anda rasakan akibat Keluhan Tersebut. Namun perlu kami tanyakan sebelumnya, Apakah Anda yakin bahwa yang Anda alami merupakan penyakit herpes? Siapa yang mendiagnosa Anda dengan penyakit tersebut?

Perlu diketahui bahwa penyakit herpes terdiri dari dua macam, yaitu herpes zooster dan herpes simpleks. Herpes zooster adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh reaktivasi infeksi virus varicella-zooster yang terjadi setelah infeksi primer yang umumnya bermanifestasi sebagai cacar air (varisela) yang menyerang kulit dan mukosa. Sedangkan herpes simpleks adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks tipe I atau tipe II yang ditandai oleh adanya vesikel (gelembung) berkelompok di atas kulit yang sembab dan merah, mengenai alat kelamin dan mukosa mulut. Herpes simpleks menular melalui kontak langsung dan berhubungan dengan Penyakit Menular Seksual (PMS).

Karena disebabkan oleh virus, maka herpes zooster dapat sembuh sendiri (self limiting disease) dalam jangka waktu beberapa hari asalkan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh meningkat. Apabila Anda sebelumnya pernah terkena cacar air maka kemungkinan besar saat daya tahan tubuh Anda sedang turun, Anda dapat terserang herpes zooster.

Memang sampai saat ini belum ada terapi yang memberikan penyembuhan radikal, dalam artian dapat mencegah episode rekurens (kambuh) secara tuntas. Namun terdapat obat-obat yang diberikan guna menurunkan durasi penyakit dan membuat masa rekurens lebih panjang. Penyakit ini akan sembuh asalkan imunitas atau kekebalan tubuh terjaga. Kekambuhan pun dapat dicegah apabila anda menjaga kesehatan tubuh. Penyakit ini suatu saat dapat kambuh kembali apabila kondisi anda sedang sakit atau daya tahan tubuh sedang turun.

Obat antivirus yang diberikan untuk diminum 5x/hari ditujukan untuk mempercepat fase penyembuhan penyakit dengan mematikan virus tersebut. Obat yang terbaik adalah istirahat, jangan menggaruk ruam, makan dengan nutrisi yang cukup, minum obat antivirus, dan obat simptomatik lainnya. Pencegahannya jika belum pernah terkena cacar dan herpes zooster adalah dengan melakukan vaksinasi varicella (cacar air).

Kami sarankan Anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk memastikan kelaianan kulit yang Anda alami agar tidak salah dalam pengobatan dan menghindari komplikasi yang tidak diinginkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar