Sukses

Implantasi Janin

02 Aug 2017, 08:33 WIB
Pria, 22 tahun.

Hallo dokter, saya anisa 22 tahun..baru seminggu menikah, saya ingin bertanya dokter.. jadwal menstruasi terakhir saya tanggal 19 juli dan selesai tanggal 24 juli.. kemudian saya berhbungan dengan suami tanggal 27 juli..tapi sperma tidak dikeluarkan didalam karena kami masih terikat pekerjaan yang belum memungkinkan punya momongan..kemudian muncul flek kemerahan pada tanggal 31 juli.. siklus mens saya 28 - 33 hari dok.. yang ingin saya tanya.. 1. Penyebab muncul flek merah itu apa ya dok? Saya ada googling..apakah termasuk implantasi atau hanya karena faktor lain? 2. Apakah saya bisa hamil.. dan metode yang aman untuk menunda kehamilan tanpa mengganggu kesuburan.. terima kasih dok..?

Terimakasih sudah bertanya seputar Implantasi dan KB di fitur Tanya Dokter di Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah keluhan keluar darah hanya setelah berhubungan? Apakah darah hanya keluar sesaat atau terus menerus hingga beberapa hari? Apakah ada keluhan lain yang dirasakan?

Munculnya flek setelah berhubungan bisa saja berkaitan dengan beberapa hal atau postcoital bleeding dapat terjadi karena beberapa alasan. Perdarahan pasca berhubungan seksual paling sering terjadi karena adanya erosi di vagina dikarenakan baru pertama kali berhubungan atau berhubungan seksual belum terlalu sering sehingga vagina masih sempit, akibatnya penetrasi (penis masuk ke vagina), terutama bila wanita masih belum penuh terangsang dapat menyebabkan gesekan yang mengakibatkan luka atau lecet. Kemungkinan bisa saja berkaitan dengan infeksi, namun biasanya disertai dengan tanda lain seperti adanya gatal, keputihan, ataupun nyeri perut. 

Apabila perdarahan yang timbul hanya sedikit dan tidak berlanjut, Anda tidak perlu merasa khawatir karena mungkin perdarahan tersebut timbul akibat robekan pada vagina (misal karena kekeringan, kondom, gesekan kuat, kuku jari, dsb). 

Benar seperti yang Anda baca, pada saat terjadinya implantasi bisa saja menimbulkan gejala munculnya flek. Kondisi ini terjadi biasanya satu minggu sejak pembuahan terjadi, kemudian akan berhenti dengan sendirinya. Untuk terjadinya pembuahan sperma harus bertemu dengan sel telur dengan cara pria harus ejakulasi di dalam vagina. Kecil kemungkinan Anda hamil. Akan tetapi kemungkinan tetap ada, sehingga lebih baik dipastikan dengan pemeriksaan kehamilan. Hal inipun penting Anda lakukan sebelum memulai kontrasepsi

Banyak cara yang bisa digunakan untuk menunda kehamilan. Metode kalender adalah metode alamiah yang digunakan dengan memperkirakan waktu subur dan menghindari hubungan seksual di waktu tersebut. Metode alamiah tentu punya banyak kelemahan dan angka kegagalan lumayan tinggi. Metode lain yang bisa digunakan adalah kondom, dan pil kb. Ada dua pilihan pil KB yaitu pil kombinasi dan minipil. Sebelum menggunakan pil lebih baik Anda memeriksakan kesehatan untuk memilih pil yang sesuai.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai Implantasi dan KB. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar