Sukses

Cara Cepat Sembuhkan Flu

02 Aug 2017, 02:02 WIB
Pria, 18 tahun.

Assalamualaikum, dokterrr aku mau tanya gimana cara nya supaya flu sama sakit kepala cepet sembuh?? Flu nya baru kemaren sihh cuman hari ini agak parah gitu idung nya juga sering mampet Kepala yang sakit bagian tengah nya, makasihh

Terima kasih telah bertanya seputar hidung tersumbat dan sakit kepala melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gejalanya sementara ‘tentara’ imunitas tubuh memerangi para virus penyebab selesma. Untuk itu, ikuti tips-tips mudah di bawah ini:

  • Makan makanan dan minuman yang hangat seperti sup daging dan teh dapat mengurangi gejala selesma. Panas yang ada menolong melepaskan mukus sehingga lebih mudah dikeluarkan dengan dibatukkan. Uap panas di kamar mandi juga dapat mengurangi penyumbatan pada hidung.
  • Minum dalam jumlah yang cukup mengencerkan mukus yang diproduksi lebih banyak ketika kita sakit selesma. Mukus yang lebih encer lebih mudah untuk dikeluarkan. Kurangi konsumsi kafein dan alkohol karena dapat menimbulkan efek dehidrasi.
  • Berkumur dengan air garam hangat dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Buar campuran air garam dengan satu sendok teh garam dalam satu gelas kecil air hangat.
  • Konsumsi suplemen. Beberapa suplemen dapat mempersingkat perjalanan penyakit selesma. Tanyakan kepada dokter Anda mengenai suplemen yang mengandung zinc, vitamin C, dan echinacea.

Berikut beberapa jenis makanan yang dapat membantu meredakan hidung tersumbat:

  1. Sup ayam
    Konsumsi semangkuk sup ayam memberikan manfaat lebih dari sekedar efek menenangkan. Pada tahun 2000, sebuah jurnal yang dikeluarkan oleh American College of Chest Physicians membuktikan bahwa sup ayam mengandung efekanti peradangan yang dapat meredakan gejala flu danmeningkatkan imunitas tubuh.
  2. Susu dan makanan kaya vitamin D
    Makanan yang kaya akan vitamin D seperti susu dan sereal dapat membantu memerangi flu. Pada suatu studi yang dilakukan oleh Massachusetts General Hospital pada tahun2009, mereka yang mengkonsumsi makanan kaya vitamin D cenderung jarang mengalami flu dibandingkan dengan yang tidak.
  3. Wortel dan makanan kaya vitamin A
    Vitamin A merupakan kunci utama dalam sistem imunitas. Ketika Anda sedang mengalami flu, cobalah mengkonsumsi wortel, ubi, bayam dan sayuran kaya vitamin A lainnya.
  4. Teh hijau
    Teh hijau kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh saat Anda sedang sakit. Cobalah untuk konsumsi teh hijau yang dingin dibandingkan yang hangat karena level anti-oksidan lebih tinggi dibandingkan teh hijau dengan yang dibuat dengan air panas.
  5. Bawang putih
    Bawang putih dapat mencegah flu jika dikonsumsi secara rutin dikarenakan oleh kandungan allicin yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Cobalah untuk mengonsumsinya secara mentah.
  6. Ikan
    Ikan, terlebih ikan yang berlemak seperti salmon dan tuna, kaya akan asam lemak omega 3. Substansi ini dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Selesma umumnya akan sembuh sendiri dalam jangka waktu 1 minggu. Perbanyak istirahat dan coba lah tips-tips di atas agar kegiatan sehari-hari tidak terganggu.

Kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter bila gejala masih belum membaik dengan tips diatas.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai hidung tersumbat dan sakit kepala. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar