Sukses

Haid Tidak Teratur Saat Ber-KB

01 Aug 2017, 16:58 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dokter saya mau tanya.. biasanya saya pakai KB suntik yg 1 bulan.. bulan lalu tgl 23 seharusnya saya sudah kembali suntik.. namun karena karena posisi sedang mudik saya kembali suntik tgl 10 bulan slnjutnya.. terakhir haid tgl 25 tp hnya seperti flek.. selama belum suntik saya minum pil KB.. tp smpai skrg saya tidak haids.. apakah mungkin saya hamil??

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Haid Tidak Teratur Saat Ber-KB melalui fitur Tanya Dokter.

Sudahkah Anda memeriksakan dengan test pack? Salah satu efek samping dari KB suntik yang tergolong sebagai KB hormonal adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik tidak mengalami siklus menstruasi. Setiap individu memiliki efek respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Kontrasepsi suntikan yang diberikan dengan injeksi secara intramuskular setiap bulan adalah kontrasepsi suntikan estrogen-progesteron, mengandung 25 mg depo medroxyprogesteron asetat dan 5 mg estradiol cypionat.

Penggunaan KB suntik yang tidak teratur juga memang dapat menyebabkan gangguan pada siklus haid. Bila Anda tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsinya. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis kebidanan guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Haid Tidak Teratur Saat Ber-KB. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar