Sukses

Tahapan Rehabilitasi Narkoba

01 Aug 2017, 14:41 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok saya mau nanya,saya pemakai saya sudah berhenti sudah seminggu dok, Bagaimana caranya seorang pemakai agar bisa tidur? Dan cara ngerehab diri sendiri yang benar? . Saya ingin berhenti dan hidup normal.terima kasih dok

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Tahapan Rehabilitasi Narkoba melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun, perlu juga dijelaskan, narkoba jenis apa yang sebelumnya anda gunakan?

Kecanduan narkoba bisa disembuhkan, berikut terapi yang dapat dilakukan:

1. Tahap rehabilitasi medis (detoksifikasi), tahap ini pecandu diperiksa seluruh kesehatannya baik fisik dan mental oleh dokter terlatih. Dokterlah yang memutuskan apakah pecandu perlu diberikan obat tertentu untuk mengurangi gejala putus zat (sakau) yang ia derita. Pemberian obat tergantung dari jenis narkoba dan berat ringannya gejala putus zat.

2. Tahap rehabilitasi nonmedis, tahap ini pecandu ikut dalam program rehabilitasi. Di tempat rehabilitasi ini, pecandu menjalani berbagai program diantaranya program therapeutic communities (TC), 12 steps (dua belas langkah, pendekatan keagamaan, dan lain-lain.

3. Tahap setelah rehabilitasi, tahap ini pecandu diberikan kegiatan sesuai dengan minat dan bakat untuk mengisi kegiatan sehari-hari, pecandu dapat kembali ke sekolah atau tempat kerja namun tetap berada di bawah pengawasan.

Untuk setiap tahap rehabilitasi diperlukan pengawasan dan evaluasi secara terus menerus terhadap proses pulihan seorang pecandu.

Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kejiawaan agar dapat mendapatkan terapi yang optimal. Selain itu yang terpenting adalah niat yang kuat dari diri Anda. Hindari bergaul atau bertemu dengan sesama pecandu narkoba.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Tahapan Rehabilitasi Narkoba. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar