Sukses

Bisul di Bibir

01 Aug 2017, 14:40 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok, kemarin saat bangun tidur bibir mulut bagian bawah saya muncul seperti bisul bergetah bening, akhirnya saya searching menangani nya menggunakan apa, saya baca dengan bawang putih, akhirnya saya kompres dgn bawang putih, alhasil luka itu lumayan hilang, namun ketika sore mulai membesar lagi dok bahkan saya sulit untuk makan minum bahkan berbicara, saya tidur dan jam segini saya merasakan sakit yang amat sakit pada bibir, saya bangun dan melihat ke kaca, bisul itu makin membesar dok. Saya harus bagaimana?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Bisul di Bibir melalui fitur Tanya Dokter.

Memiliki bisul atau sariawan yang tidak kunjung sembuh memang menyebalkan. Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, kemungkinan benjolan bisul tersebut merupakan mococele. Mucocele adalah Lesi(luka iritasi) pada mukosa mulut yang diakibatkan oleh pecahnya saluran kelenjar liur dan keluarnya mucin ke jaringan lunak disekitarnya. Umumnya disebabkan oleh trauma local, misalnya bibir yang sering tergigit saat makan, terkena pukulan di wajah, atau penyumbatan pada saluran kelenjar liur minor ataupun efek samping dari obat-obatan yang mempunyai efek mengentalkan ludah.

Oleh karena itu segera periksakan ke dokter gigi untuk medapatkan diagnose yang tepat sehingga dapat segera dilakukan tindakan dan perawatan yang tepat. Apalagi dikarenakan benjolan bisul tersebut sudah cukup lama. Apabila memang benar mucocele, dokter gigi akan melakukan pengangkatan jaringan tersebut melalui tindakan pembedahan atau dengan laser. Dengan tindakan yang segera, diharapkan setelah pengobatan keluhan anda dapat kembali seperti semula.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Bisul di Bibir. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

1 Komentar