Sukses

Mual dan Muntah setelah Menyikat Gigi

01 Aug 2017, 14:26 WIB
Pria, 20 tahun.

Selamat pagi dok .saya mau tanya dok ,kenapa ya dok perut saya mual kayak pengen muntah saat sehabis makan sama saat menyikat gigi .

Terima kasih telah bertanya seputar mual muntah sehabis sikat gigi menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

 Apakah rasa mual yang Anda rasakan ketika membuang busa bekas sikat gigi warnanya sedikit keruh? jika iya kemungkinan besar anda memiliki penyakit maag, warna keruh berasal dari asam lambung.

Rasa mual atau reflek muntah dapat terjadi tidak hanya pada saat menyikat gigi tetapi juga pada saat perawatan gigi didokter. Pada setiap orang memiliki refleks muntah yang merupakan reaksi tubuh normal, untuk mencegah tersedak saat benda asing atau benda berbahaya memasuki saluran pernafasan atas dan paru-paru. Penyebab rasa ingin muntah juga bisa dikarenakan tenggorokan Anda terlalu sensitif. Terdapat bagian-bagian tertentu didalam rongga mulut yang sensitif terhadap sentuhan seperti pada langit-langit belakang, lidah bagian belakang dan amandel yang apabila tersentuh pada saat menyikat gigi akan menyebabkan timbul perasaan ingin muntah.

Faktor trauma karena muntah saat menggosok gigi juga bisa dijadikan salah satu penyebabnya. Penyebab lain yang sering terjadi adalah Anda menggosok gigi terlalu kencang,sehingga menekan bagian tenggorokan dan menyentuh langit tenggorokan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar