Sukses

KB Pasca Kemoterapi

01 Aug 2017, 08:34 WIB
Wanita, 26 tahun.

saya penderita kanker kelenjar getah bening,sudah selese program kemo tgl 18 Juli 2017.itu kemo terakhir.sekarang saya mau KB,kira2 KB apa yg boleh untuk saya

TErima kasih sudah bertanya mengenai kontrasepsi pada pasien pasca kemoterapi melalui fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

Meskipun kemoterapi bisa mempengaruhi kesuburan, namun bisa saja pasien pasca kemoterapi mengalami kehamilan. Permasalahan dilema yang terjadi adalah, kemoterapi bersifat buruk untuk janin atau mungkin kehamilan memperburuk kanker itu sendiri. Ada pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk menilai sisa folikel sel telur untuk menghitung kemungkinan hamil.

Tipe dari kanker yang dialami, dan kemoterapi yang di jalani akan mempengaruhi pemilihan kontrasepsi pasien. Misalnya, Hormon memiliki peran besar dalam kanker payudara, sehingga KB yang berisi hormon baik pil kombinasi ataupun minipil tidak disarankan. Dalam kondisi seperti ini alat kontrasepsi dalam rahim lah yang disarankan. Pada penderita yang mendapatkan tamoxifen, penggunaan sistem intrauterin menjadi pilihan.

Kanker meningkatkan risiko penyumbatan pembuluh darah. Sehingga kb hormon juga kembali bukan menjadi pilihan selama pengobatan. Berkaitan dengan hal ini minipil tidak didukung bukti yang kuat, namun tetap tidak dianjurkan. Sementara itu pasien anemia, justru lebih baik mendapatkan pil KB kombinasi karena menekan perdarahan. Begitu juga pada ibu dengan orteoporosis.

Kami menyarankan Anda untuk berdiskusi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Karena pemilihan KB mempertimbangkan kondisi Anda saat ini, serta baik buruk dari setiap KB nya. 

Demikian informasi mengenai kontrasepsi pada pasien pasca kemoterapi. Semoga bermanfaat

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar