Sukses

Penyebab Tangan Bengkak dan Kesemutan

31 Jul 2017, 11:07 WIB
Pria, 37 tahun.

Mau tanya telapak tangan saya tiba tiba bengkak apakah penyebabnya? Memang posisi tidur menindih tangan saya tersebut. Sebelumnya tangan saya ini sempet kesemutan beberapa hari tidak hilang. Dan ada rasa nyeri di dada saya...apakah ada hubungannya?

Terimakasih telah bertanya tentang tangan bengkak melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Tangan yang bengkak biasanya berhubungan dengan gangguan pada sistem pembuluh balik (vena) atau pembuluh limfe. Gangguan menyebabkan aliran kedua pembuluh ini tidak lancar. 

Pada kasus Anda, bengkak yang terjadi sepertinya akibat posisi tidur yang salah sehingga tangan 'tertekan' dan aliran darah balik (ke arah jantung) tidak lancar. Ini menyebabkan darah cenderung stasis di bagian tubuh distal (jauh dari pusat tubuh) seperti di tangan dan jari-jarinya. Dengan memperbaiki posisi, bengkak akan membaik kembali. Jika bengkak tidak membaik, artinya disebabkan oleh penyebab lain.

Terkait dengan kesemutan di tangan sebelumnya, kami perlu menanyakan terlebih dahulu apa pekerjaan Anda? Apakah sering menggunakan tangan untuk mengetik atau pekerjaan lain banyak menggunakan gerakan pada pergelangan tangan dan jari-jari?

Terdapat beberapa hal yang dapat menimbulkan terjadinya kesemutan, baik kesemutan yang bersifat sementara ataupun kesemutan yang berlangsung jangka panjang (kronis). Baberapa hal yang dapat menimbulkan kesemutan yang sementara antara lain adalah :

  • Penekanan saraf yang berlangsung lama (seperti saat tidur, duduk bersila, dll)
  • Frekuensi napas cepat
  • Serangan panik
  • Dehidrasi (kurang cairan)
  • Kekurangan suplai darah pada tempat kesemutan

Sedangkan kesemutan yang berlangsung lama (kronis) dapat disebabkan oleh:

  • Gangguan otak, saraf tulang belakang atau saraf tepi, termasuk di dalamnya adalah trauma, stroke, perdarahan otak, tumor, infeksi otak dan selaputnya, penyempitan saraf (carpal tunnel syndrome), melakukan gerakan berulang atau getaran jangka panjang, dsb
  • Gangguan jantung dan pembuluh darah
  • Gangguan metabolik dan hormonal: diabetes, gula darah rendah, gangguan hormon tiroid, menopause, kadar kalsium, kalium, natrium, ureum abnormal.
  • Infeksi dan sindrom post-infeksi
  • Gangguan jaringan ikat dan imunitas
  • Kelainan darah, kulit, tulang, dan sendi
  • Kurang vitamin: vit B1, vit B5 dan B12
  • Keganasan/tumor otak

Pada kasus Anda, kesemutan pada tangan mungkin disebabkan oleh sindrom terowongan karpal/carpal tunnel syndrome (CTS).

Keluhan CTS umumnya dirasakan di pagi atau malam hari berupa kaku dan kesemutan pada jari manis hingga kelingking. Kebanyakan kasus CTS adalah idiopatik atau tidak memiliki penyebab khusus. Kalaupun ada biasa terkait dengan kebiasaan melakukan gerakan yang menggunakan pergelangan tangan, seperti saat naik motor, mengetik, memasak, memotong, dsb. CTS seringkali terjadi pada tangan yang dominan.

Apabila memang Anda mengalami CTS, tindakan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengistirahatkan tangan yang terkena (imobilisasi) dengan menggunakan splint atau wristband. Syaratnya, harus menutupi seluruh sendi pergelangan tangan sehingga sulit ditekuk. Prinsipnya sendi ini harus dalam keadaan lurus. Sebisa mungkin splint/wristband digunakan sepanjang hari, terutama saat tidur malam. 

Selain itu diberikan juga obat untuk mengurangi pembengkakan yang menyebabkan saraf terjadi. Cara lain adalah dengan suntikan steroid langsung pada saraf yang terkena. Pada kondisi berat dapat dilakukan operasi untuk melepaskan jepitan saraf tersebut. Operasi dilakukan bila pengobatan gagal dan jepitan saraf telah membuat otot yang dipersarafinya mengecil.

Kami sertakan pula beberapa artikel yang mungkin dapat membantu:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar tangan bengkak. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar