Sukses

Tidur Bayi Tidak Menggunakan Bantal

01 Aug 2017, 01:36 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok anak saya sudah 1bln3hr.dia biasa pake bantal tidurnys. Nah mulai skrng saya mau biasakn ank ssya gg pake bantal. Pas tidur tidsk pke bntal dia muntah dan tidak nyaman mukanya biru.saya lngsung gendong.tapi ttp pas dia tdr saya gg pake bantal lagi. Dia muntah lagi Kira" bahaya gg sh dok kalo saya tetap pksakan tidak pake bantal...?

Terima kasih telah bertanya seputar tidak menggunakan bantal pada bayi melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada dasarnya sebaiknya tidak menggunakan banyak bantal di dekat bayi. Bayi yang berusia kurang dari satu tahun membutuhkan perhatian khusus, tidak hanya tumbuh kembangnya, namun juga keamanan. Dengan hadirnya si kecil, maka penting bagi Anda untuk memastikan lingkungan rumah aman, termasuk memperhatikan posisi tidur bayi. Apa hubungannya posisi tidur bayi dengan keselamatan bayi?

Posisi tidur yang salah dapat menyebabkan kematian mendadak pada bayi, yang disebut sudden infant death syndrome (SIDS). SIDS biasanya terjadi pada bayi berusia kurang dari 1 tahun dan dapat terjadi tanpa peringatan, sekali pun pada bayi sehat.

Penyebab tersering SIDS adalah bayi tidur dalam posisi tengkurap. Bayi yang tidur tengkurap menyebabkan tekanan pada rahang bayi sehingga membuat jalan napas lebih pendek, menghambat saluran napas, kadar oksigen berkurang sehingga menyebabkan kematian.

Faktor risiko SIDS lainnya adalah:

  • Ibu yang merokok atau minum alkohol saat hamil
  • Bayi prematur atau berat badan lahir rendah
  • Ibu berusia kurang dari 20 tahun saat hamil
  • Pastikan bayi selalu tidur dengan posisi terlentang
  • Berikan ranjang terpisah untuk bayi, jangan berbagai tempat tidur dengan orang dewasa. Jangan tidurkan bayi di sofa, kasur air, atau di kursi.
  • Jangan berikan selimut tebal
  • Jangan merokok / minum alkohol saat hamil dan jauhkan bayi dari paparan asap rokok. Asap rokok meningkatkan risiko SIDS pada bayi.
  • Menyusui bayi menurunkan risiko SIDS

Menggunakan bantal pada bayi yang belum dapat bergerak aktif dapat meningkatkan resiko SIDS. Kapan waktu yang tepat, sebenarnya belum ada waktu yang menjadi patokan, ketika bayi sudah bisa bergerak aktif sehingga ketika bantal menghalangi hidung dan mulut sebagai jalan napas, anak bisa memindahkan/menghalau bantal tersebut baru pada saat ini bantal digunakan.

Sudah tepat keputusan Anda untuk tidak menggunakan bantal pada bayi Anda. Mengenai keluhan muntah bila tanpa bantal, maka Anda dapat menyiasatinya dengan menggendong dulu bayi setelah minum susu untuk memberikan waktu pada bayi untuk mencerna susu tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai tidak menggunakan bantal pada bayi. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar