Sukses

Produk Mengandung Phenoxyethanol
31 Jul 2017, 22:04 WIB
Wanita, 17 tahun.

Jika memakai produk mengandung phenoxyethanol dalam jangka panjang berbahayakah?

Dr. Fatimah Sania

Dijawab Oleh:

Dr. Fatimah Sania

Terima Kasih sudah bertanya seputar produk mengandung phenoxyethanol melalui Fitur Tanya Dokter di Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

phenoxyethanol adalah glycol ether yang digunakan sebagai bahan pengawet. bahan ini dapat digunakan sebagai pengawet kosmetik ataupun obat obatan. pada umumnya, yang banyak beredar di pasaran yaitu pada produk kecantikan. produk ini sering digunakan karena bentuknya yang tidak terlihat dan bersifat berminyak.

FDA telah melarang penggunaan bahan ini dalam produk yang dikonsumsi. bila dikonsumsi phenoxyethanol dapat menimbulkan depresi sistem saraf pusat dan juga depresi pernapasan. bahan ini juga menimbulkan gejala diare dan muntah.

penggunaan produk ini diketahui dapat merusak sel sel otak dan sistem saraf pusat bila digunakan dalam jumlah yang banyak. gejala lainnya yang dapat ditimbulkan diantaranya; iritasi kulit, reaksi alergi, keganasan, radang pada pernapasan dan mata, dermatitis, dan gejala berat pada kulit. kandungan yang dianjurkan FDA adalah kurang dari 1 %.

apabila Anda berencana menggunakan atau dalam tahap menggunakan kandungan bahan ini dalam produk Anda dalam jangka waktu lama sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu keamanan dan standar produk pada bada pengawas dan doter di sekitar Anda.

Demikian kami sampaikan informasi seputar produk mengandung phenoxyethanol, semoga informasi ini bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar