Sukses

Mual Setelah merokok

31 Jul 2017, 21:31 WIB
Pria, 28 tahun.

Selamat malam dok, saya sering merasa mual saat hendak mengeluarkan dahak dan setelah merokok? Apa yg saya alami ini dok. Terimakasih

Terima kasih sudah bertanya tentang Mual Setelah Merokok menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.

Rasa mual saat merokok umum dirasakan oleh perokok aktif maupun perokok pasif. Walaupun sebenarnya, rasa mual ini jauh lebih hebat pada perokok pasif. Pada perokok yang baru saja mulai merokok, mual ini juga bisa terasa. Seiring berjalannya waktu dan meningkatnya frekuensi merokok, rasa mual akan berkurang pula. Berbagai zat kimia di dalam rokok dapat memicu rasa mual melalui efek langsung ke pusat muntah di otak maupun dengan memicu peningkatan asam lambung.

Apakah di luar waktu merokok Anda mengalami gejala sebagai berikut: mual, cepat kenyang, lambung perih, kembung, sering bersendawa? Jika iya, kemungkinan Anda mengalami sindrom dispepsia akibat naiknya asam lambung.


Asam lambung bisa meningkat karena beberapa hal, yaitu:

  • Infeksi bakteri
  • Penggunaan antinyeri golongan OAINS (obat anti inflamasi non steroid) seperti ibuprofen, aspirin, piroksikam, meloksikam, metampiron, dll.
  • Konsumsi alkohol berlebihan
  • Merokok
  • Diet tinggi asam, pedas, berlemak
  • Stress psikologis

Selain faktor-faktor di atas, asam lambung juga bisa meningkat pada kondisi2 berikut:

  • Penyakit seperti GERD (gastroesophageal reflux disease), refluks asam empedu, penyakit radang usus, dan
  • Stress akibat pembedahan, trauma/cedera, luka bakar, dan stroke akut

Untuk mengurangi asam lambung, utamanya dengan menghindari faktor-faktor pencetus di atas. Untuk mengurangi gejala akut dapat mengkonsumsi obat-obat maag. Selain itu, frekuensi makan juga ditambah. Bila sebelumnya 3x sehari, menjadi 5-6x sehari dengan menambahkan jadwal snack di antara waktu makan besar. Prinsipnya adalah small frequent feeding (porsi kecil namun sering).


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Mual Setelah Merokok, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar