Sukses

Mengatasi Sulit Tidur

31 Jul 2017, 21:00 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat Pagi, dok saya ingin bercerita. Sebulan yang lalu saya pindah dari NTT ke SulSel. Sewaktu saya di NTT pola tidur saya sangat baik. Namun sewaktu saya di SulSel sebulan ini saya tidak pernah tidur di malam hari. 3 minggu ini saya tidak tidur malamnya. Namun pada saat menjelang pagi saya selalu mengantuk dan akhirnya tidur hingga jam 1 siang. Lalu karna saya merasa ini kurang baik untuk kesehatan. Akhirnya saya lakukan aktifitas diluar rumah. Saya jalan2 agar malamnya saya bisa tidur. Sya mencari kelelahan agar bisa tidur. Namun tetap saja malamnya tidak tidur. Akhirnya sya putuskan untuk minum susu dancow instan. Hari pertama minum biasa saja blm ada reaksi. Namun setelah 5 hari minum malamnya sy mulai mengantuk, tapi jika sya tidur jam 9 malam maka sya terbangun jam 12 malam, jika sya tidur jam 10 maka saya terbangun jam 1 malam. Dan kembali lanjutkan tdur sekitar jam 8 sampai siang. Ini sdh trjadi sekitar seminggu. Pola makan pun teratur dok, sya rajin makan sayur dan konsumsi buah buahan. Krn sudah sebulan ini saya tidak bisa tidur kepala saya kadang2 sakit. Dan penglihatan agak gelap. Mohon sarannya dok. Terimakasih

Terima kasih sudah bertanya tentang Mengatasi Sulit Tidur menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.

Insomnia adalah kesukaran dalam memulai atau mempertahankan tidur. Insomnia adalah sebagian dari gangguan tidur, tetapi keluhan ini adalah keluhan yang paling sering dari gangguan tidur.

Sebelumnya harus Anda ketahui bahwa terdapat beberapa faktor penyebab gangguan tidur, seperti faktor predisposisi psikologis dan biologis, penggunaan obat-obatan dan alkohol, faktor lingkungan dan kebiasaan buruk. Faktor-faktor tersebut jarang berdiri sendiri. Sebagai contoh adalah faktor fisis tertentu yang dapat memicu timbulnya masalah psikologis, begitupun sebaliknya. Faktor psikologis juga dapat memengaruhi sistem saraf pusat sehingga membuat kondisi fisis senantiasa siaga seperti saat cemas, tegang, atau stres. Pada kasus Anda, kemungkinan insomnia disebabkan oleh jam tidur yang berubah-ubah karena harus bertugas shift malam.

Pengobatan insomnia lebih menekankan pada pengobatan non medis dibandingkan dengan obat-obatan. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda terapkan:

  • Hindari memegang handphone, menonton TV, atau sejenisnya di tempat tidur
  • Mulailah berbaring di tempat tidur hanya saat Anda sudah akan memejamkan mata.
  • Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein saat sore hingga malam hari
  • Biasakan diri untuk berolahraga teratur, tidak merokok, hindari konsumsi alkohol,narkotik, dsb.
  • Matikan lampu dan gelapkan kondisi kamar saat akan tidur
  • Hindari penggunaan obat tidur, terutama tanpa anjuran dokter. Obat tidur hanya efektif untuk sementara dan penggunaan yang berlebihan justru akan membuat penurunan efektivitas obat tersebut. Terapi terbaik adalah dengan mengatasi penyebabnya, bukan gejala. Selama penyebab yang mendasari masih ada, Anda akan terus mengalami gangguan tidur. 
  • Relaksasi
  • Buat diri serileks mungkin, seperti dengan meditasi, yoga, atau menggunakan aromaterapi.
  • Jika memiliki masalah psikologis, cobalah untuk menerima dan menghadapinya.

Dengan menerapkan beberapa hal di atas, diharapkan sudah dapat mengatasi keluhan sulit tidur yang Anda alami. Tetapi tidak ada salahnya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui apakah ada masalah pada fisik yang mendasari penyebab dari susah tidur pada Anda.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Mengatasi Sulit Tidur , semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar