Sukses

Gangguan Pendengaran

31 Jul 2017, 18:46 WIB
Pria, 22 tahun.

Halo Dok! Saya Cindy, umur 22 tahun. Saya mengalami masalah pada bagian telinga sebelah kiri seperti tersumbat, namun masih bisa mendengar meski agak sedikit terpendam / mengecil / kurang dibandingkan dengan telinga sebelah kanan. Selain itu saya merasa ada yang aneh saat mendengarkan musik, pada telinga kanan terdengar normal namun pada telinga kiri yang bermasalah ini rasanya nadanya jadi agak beda, jadi sumbang/false. Telinga saya tidak sakit, tidak demam/pusing juga. Kira-kira ini kenapa ya dok? Terima kasih, ditunggu jawabannya :D Salam, Cindy

Terima kasih telah bertanya seputar gangguan pendengaran melalui fitur Tanya Dokter.

Gangguan pendengaran dibagi menjadi 3 jenis : pertama Tuli konduksi (di telinga luar dan tengah) disebabkan karena proses keradangan, dapat diobati dengan tindakan operasi misal : otitis media / congek, telinga tidak terbentuk. Kedua Tuli sensorineural / syaraf (di telinga dalam), biasanya tidak dapat diobati, penanganan dengan alat bantu dengar / implantasi koklea, misal : tuna rungu (sejak lahir), paparan bising. Dan ketiga adalah Tuli campuran.

Berikut adalah gejala-gejala gangguan pendengaran yang dapat terjadi:

  • Tidak dapat mendengar bel pintu atau alarm lainnya
  • Meminta orang untuk mengulangi perkataan
  • Mendengarkan musik atau menonton dengan suara yang lebih keras dari orang sekitar
  • Sering merasa lelah atau stres karena sulit mendengarkan
  • Kesulitan menentukan arah sumber suara, dll

Sebaiknya untuk memastikan penyebab gangguan pendengaran yang dialami Anda, konsultasikan kondisi anda ke dokter spesialis THT untuk dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan bila perlu penunjang.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai gangguan pendengaran. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar