Sukses

Penyebab Benjolan di Leher

31 Jul 2017, 18:22 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dokter,, di leher atas kanan dan kiri saya terdapat bejolan sejak usia 10 tahunan dan sekarang saya umur 23. Nah semenjak tumbuh benjolan itu saya merasa susah sekali menaikkan berat badan dan dari usia 10 th yang 33 kg sampai sekrang saya umur 23 hanya bisa menjadi 37 kg padhal sebelum terdapat bejolan saya dalam sebulan bisa naik 1-3 kg. yang saya alami sejak ada benjolan yaitu kalau makan yg mengandung banyak pengawet sakit tenggorokan, susah konsentrasi, sering terbangun di jam 1-2 pagi. Apakah itu penyakit yang disebut hipertiroid atau itu amandel? dan apakah itu berpengaruh terhadap berat badan saya? kalau iya bagaimana cara agar saya bisa mencapai BB yg ideal untuk usia dewasa. terimakasih

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai penyebab benjolan di leher melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Namun banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan pada leher. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang Anda rasakan dan penanganannya, jika benjolan di leher tersebut belum dipastikan penyebabnya. Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid
pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri
pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis
bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan
sebab lain (jarang)
Apakah teman Anda ada gejala seperti mudah berkeringat, dan penurunan berat badan? Bila memang baru tumbuh, tidak keras, atau tidak nyeri kemungkinan besar benjolan tersebut tidak ganas namun untuk membedakannya kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter , dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Melalui pemeriksaan fisik, dokter dapat memperkirakan benjolan itu berbahaya atau tidak atau disebabkan karena masalah tiroid atau bukan.

Oleh karena itu kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter penyakit dalam terlebih dahulu untuk memeriksakan benjolan di leher Anda, karena tanpa diperiksa tidak dapat mengetahui benjolan tersebut berbahaya atau tidak.

Demikian informasi kami sampaikan mengenai benjolan di leher. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar