Sukses

Penanganan Siku Bergeser

31 Jul 2017, 18:22 WIB
Pria, 21 tahun.

dok,siku saya patah/bergese udah dari umur 11 tahun,apa bisa di kembalikan ke bntuk semulanya dok/apa bisa sekarang bisa dioperasi dok

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai siku bergeser sejak kecil melalui fitur Tanya Dokter. 

Dislokasi sendi siku berarti adanya pergeseran antar tulang lengan bawah dengan lengan atas. Tulang-tulang tersebut bergeser dari letak seharusnya. Tulang-tulang yang berada di sekitar siku dihubungkan dengan sebuah jaringan yang disebut ligamen. Ligamen berfungsi untuk menstabilkan antar tulang. Dislokasi dapat terjadi jika adanya robekan di salah satu ligamen.

Gejala yang dapat timbul adalah nyeri hebat pada daerah sendi, terkadang bisa hilangnya sensasi rasa di bawah sendi yang bergeser. Pada sendi yang bergeser dapat terjadi pembengkakan dan nyeri saat digerakkan. Diperlukan pemeriksaan radiografi (rontgen) untuk memastikan.

Pada kasus dislokasi sendi, reduksi (mengembalikan sendi ke tempat yang seharusnya) dan imobilisasi merupakan salah satu step dalam tatalaksananya. Jika reduksi secara manual tidak dapat dilakukan biasanya diperlukan operasi. Namun kami sarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis tulang agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan berdiskusi mengenai penanganan yang optimal. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai siku bergeser sejak kecil. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar