Sukses

Mata Tidak Bisa Tertutup Rapat Saat Tidur

31 Jul 2017, 17:37 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, saya mau bertanya. Pada saat memejamkan mata kenapa mata kiri saya tidak bisa tertutup rapat ya dok? Terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar mata tidak bisa tertutup rapat saat tidur melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda yaitu mata kiri tidak bisa tertutup rapat saat tidur, adalah suatu kondisi yang dinamakan Lagophtalmos pada dunia kedokteran. Lagoftalmus dapat menyebabkan trauma pada bola mata karena mata menjadi kering dan mudah terjadi infeksi.

Kondisi ini dapat terjadi karena kelainan pada saraf yang menginervasi kelopak mata, atau kelainan pada kelopak mata itu sendiri. Saraf yang menyuplai kelopak mata adalah saraf wajah. Dapat terjadi kelainan pada saraf wajah bila terjadi trauma, tumor, Bell's palsy, kejadian serebrovaskular (seperti stroke), infeksi, penyakit yang mengganggu pertahanan tubuh, dan sindrom Mobius.

Sedangkan tidak tertutupnya kelopak mata dapat juga terjadi karena kelainan kelopak mata. Mulai dari terbentuknya sikatrik (seperti bekas luka karena trauma panas, kimia, mekanikal, dll), operasi kelopak mata, proptosis (seperti eksoftalmus atau suatu penonjolan bola mata ke arah depan, biasanya terjadi pada hipertiroid), enoftalmus, dan floppy eye syndrome.

Bila keluhan anda memberikan perasaan tidak nyaman pada kehidupan sehari-hari, atau disertai juga dengan keluhan lainnya, maka sebaiknya konsultasikan kondisi anda ke dokter spesialis mata untuk diberikan terapi yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai mata tidak bisa tertutup rapat saat tidur. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar