Sukses

Malu Keluar Rumah dan Takut Ditertawakan

31 Jul 2017, 02:19 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok, saya orangnya pemalu banget setiap keluar rumah saya selalu merasa dilihat oleh semua orang juga merasa seperti ditertawakan, dan itu membuat saya takut . Bagaimanakah cara untuk menghilangkan rasa malu dan takut tersebut ?

Terima kasih telah bertanya seputar fobia sosial melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Berdasarkan informasi yang Anda berikan, kemungkinan Anda mengalami social anxiety atau fobia sosial. Seseorang dengan kecemasan dalam bersosialisasi ini biasanya punya ketakutan berlebih dalam berinteraksi sosial dengan orang lain. Secara khusus, mereka takut untuk melakukan hal memalukan karena takut orang lain mengetahui kecemasan yang mereka alami, seperti berkeringat, tangan gemetaran, dll. Biasanya ketakutan tersebut muncul pada situasi yang dilihat orang lain, seperti berbicara pada publik, menggunakan toilet umum, berbicara dengan orang asing, pergi ke suatu acara, atau seperti yang Anda alami yaitu keluar dari rumah. 

Karena kecemasan berlebih ini, seseorang yang mengalami social anxiety merasakan stres hebat. Angka depresi pun meningkat pada seseorang dengan fobia tersebut. Bila fobia sosial ini sampai mengganggu kehidupan sehari-hari, seperti hubungan dengan keluarga atau pekerjaan, menggunakan obat-obatan untuk mengkontrol kecemasan, ketakutan berlebih yang aneh, dll, maka keadaan tersebut dapat berkembang menjadi penyakit social anxiety disorder.

Terapi yang bisa dilakukan dapat berbeda-beda setiap pasien. Mulai dari edukasi pasien mengenai kondisi pasien, support groups, terapi perilaku kognitif, obat-obatan, dan terapi kombinasi. Tentunya, terapi-terapi tersebut harus dilakukan dibawah pengawasan dokter psikiatri.

Hal pertama yang Anda bisa lakukan untuk mengatasi ketakutan berlebih tersebut sebelum dapat berkunjung ke dokter adalah sbb:

  • Mengenali secara spesifik apa yang membuat Anda takut
  • Setelah mengetahuinya, bayangkan hal terburuk apa yang bisa terjadi bila Anda dihadapkan dengan kondisi tersebut
  • Setelah membayangkan hal terburuk, ubahlah pikiran tersebut menjadi hal yang positif. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif juga.
  • Lalu, hadapilah sumber ketakutan Anda, karena bila semakin menghindar maka rasa takut akan menguasai anda. Anda dapat mengajak keluarga atau teman terdekat untuk membantu Anda menghadapi ketakutan tersebut, tentunya secara bertahap
  • Bicarakan ketakutan Anda ke orang-orang terdekat

Bila keluhan Anda belum membaik dan semakin mempengaruhi kehidupan sehari-hari, maka sebaiknya konsultasikan kondisi anda ke dokter psikiatri untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut, dan terapi yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai fobia sosial. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar