Sukses

Gatal Gatal di Selangkangan

31 Jul 2017, 13:23 WIB
Pria, 22 tahun.

Assalamualaikum dok saya nih ada penyakit gatal-gatal di daerah selangkangan dan paha dok, awalnya saya kira penyakit gatal-gatal saya ini alergi dok, soalnya kedua orang tua saya memiliki riwayat alergi dan juga jika saya makan, makanan seperti ayam, udang, ikan, gatal-gatal saya menjadi semakin gatal, jika saya tidak makan gatal-gatalnya tidak terlalu gatal, tapi masih tidak mau hilang, saya sudah mencoba berbagai jenis obat alergi dari yang dosisnya ringan sampai yang dosisnya berat tapi tidak mau hilang juga gatal-gatalnya dok, malah sekarang semakin melebar karena sering saya garuk Nah yang mau saya tanyakan dok, apakah penyakit gatal saya ini memang alergi atau ada kemungkinan lain? Dan apakah tidak menjadi masalah saya jika saya bergonta ganti obat dok untuk mencari obat yang cocok untuk penyakit gatal saya ini dok? Trimakasih

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar gatal di selangkangan melalui fitur Tanya Dokter.

Gatal di daerah lipatan kulit seperti selangkangan, bokong, ketiak, dll seringkali disebabkan oleh infeksi jamur. Sebelumnya ada beberapa pertanyaan yang harus kami tanyakan dahulu seperti : apakah anda sering  menggunakan celana yang ketat dan panas seperti celana jeans? Apakah anda mudah berkeringat? Bagaimana dengan menjaga kebersihan diri anda? Apakah ada sering mengunakan salep sendiri tanpa anjuran dokter? 

Lingkungan yang lembab merupakan media yang baik untuk jamur berkembang. Namun untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan secara langsung. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter umum terlebih dahulu atau dokter spesialis kulit untuk diperiksa dan dipastikan penyebabnya. Apabila karena jamur, maka diperlukan pemberian obat anti jamur berupa krim (untuk lesi luas) dan mungkin membutuhkan obat minum. 


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar gatal di selangkangan, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar