Sukses

Kaki Berbentuk X

31 Jul 2017, 09:02 WIB
Pria, 7 tahun.

Selamat Pagi... Saya memiliki anak berumur 7 tahun 8 bulan. Anak saya ini apabila berjalan telapak kaki yang sebelah kiri ujung kakinya menghadap ke kanan, dan telapak kaki sebelah kanan sedikit ke kiri tetapi tidak begitu kentara dibandingkan dengan sebelah kiri. Meskipun tidak begitu terlihat apabila tidak dilihat dengan seksama. tetapi beberapa orang terdekat kami sudah menanyakan ke pada kami kenapa kaki anak saya tersebut. Anak saya tidak merasakan sakit dan sepertinya nyaman dengan kondisi tersebut, tetapi kami tidak nyaman meskipun tidak disadari oleh anak dia sering terjatuh karena telapak kaki kirinya sering tersandung oleh kaki kanannya pada saat berlari. Saya hendak ke dokter tetapi masih belum tahu ke dokter spesialis apa untuk keadaan seperti ini. Pertanyan saya : 1. Apakah yang sesuai untuk keadaan anak saya ini kelainan kaki (kaki O/X) karena telapak kaki kiri dan kanan dengan keadaan seperti ini terlihat seperti kaki O atau kelainan telapak kaki (clubfoot)? 2. untuk jangka panjangnya atau pada saat dewasa akan mempengaruhi pertumbuhan atau aktivitasnya? 3. apakah dapat diobati dengan terapi dilakukan dirumah? Terima Kasih

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kaki berbentuk O atau X merupakan jenis kelainan yang paling sering ditemukan pada anak balita. Namun kelainan bukan terjadi pada telapak kaki namun pada bagian tulang lutut. Jadi jika kelainan anak Anda pada telapak kaki bukanlah gangguan kaki X. Izinkan kami menjelaskan tentang gangguan kaki berbentuk X. Kaki X atau di dunia medis disebut sebagai genu valgum, sedangkan kaki O atau genu varum merupakan gangguan pertumbuhan tulang kaki yang menyebabkan terjadinya pergeseran rotasi pada persendian antara tulang paha dan tulang lutut. Gangguan pertumbuhan ini juga mengakibatkan sudut yang terbentuk antara kedua tulang tersebut menjadi tidak normal.

Penyebab kelainan ini sifatnya multifaktorial, faktor genetik atau keturunan merupakan salah satunya, akan tetapi juga ada sejumlah faktor lain, yaitu: 

Posisi tidur yang salah, misalnya tengkurap seperti katak. Jika berlangsung lama, kebiasaan ini dapat mengakibatkan gangguan rotasi dan bentuk tungkai.
Kebiasaan duduk yang salah, misalnya duduk dengan posisi kaki melengkung ke dalam.
Kebiasaan menggendong yang salah, misalnya saat digendong menyamping, kaki anak dibiarkan melingkari tubuh Anda dan membentuk sudut 90 derajat.
Pemakaian baby walker yang tidak tepat. Apabila anak belum cukup kuat menopang berat tubuhnya, ia akan memaksakan salah satu kakinya untuk menyangga seluruh berat tubuhnya. Akibatnya, tungkai bawah dan pergelangan kaki saja yang terlatih, sehingga terjadi ketidakseimbangan kekuatan otot.
Mengingat umur Anda sudah memasuki 20 tahun, kemungkinan terapi untuk mencapai bentuk normal agak sulit. Namun, harus dilihat terlebih dahulu derajat kebengkokan nya. Diperlukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik secara lengkap. Oleh karena itu kami menganjurkan Anda agar dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis ortopedi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar