Sukses

Penyebab Nyeri Puting Payudara

31 Jul 2017, 08:23 WIB
Pria, 18 tahun.

slamat mlam dokter.. saya ingin brtanya disini mnyngkut masalah dgn puting susu kiri saya.. puting susu kiri sya ini hnya cukup disentuh lngsung mngakibatkan rsa nyeri..dan spertinya ada sprti klenjar getah bening dibawah putingnya.. ini sebenarnya sakit apa dok,dan bagaimna cara mnyembuhkannya dok.. saya kuatir jngan sampai saya mngidap kanker.. terima kasih sebelumnya dokter.


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Selain nyeri di puting apakah ada keluhan lain seperti benjolan? keluar nanah dari puting? puting tertarik ke dalam? kulit payudara seperti kulit jeruk? Nyeri puting payudara dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, mulai dari infeksi atau ada sumbatan kelenjar, alergi, trauma (gesekan) atau memang akibat hormonal.

Beberapa penyebab nyeri pada puting:

Nyeri pada puting payudara seringkali disebabkan oleh trauma akibat gesekan berlebihan pada daerah puting. Penggunaan bra yang tidak sesuai ukuran dan jenis saat beraktivitas terutama olahraga dapat menimbulkan gesekan yang menyebabkan nyeri. Gesekan berlebih juga tanpa disadari sering terjadi saat berhubungan seksual.
Nyeri pada puting dapat pula disebabkan akibat alergi terhadap bahan bra, deterjen, lotion atau sabun mandi serta air panas atau terlalu dingin.
Menstruasi sendiri dapat menyebabkan keluhan nyeri pada payudara hingga puting. Biasanya wanita pernah mengalami nyeri pada payudara saat periode haid sebelumnya. Nyeri biasanya terjadi pada kedua payudara, dan menghilang setelah haid selesai. Nyeri ini disebabkan oleh perubahan hormon estrogen dan progesteron.
Gejala dari tumor payudara, paget's disease namun sangat jarang (1%)
Jika nyeri puting payudara disertai dengan kemerahan, nyeri, panas di payudara saat teraba bisa jadi hal ini diakibatkan infeksi payudara (mastitis). Infeksi ini dapat terjadi akibat adanya luka pada puting payudara yang terinfeksi ataupun akibat adanya perluasan infeksi dari daerah sekitarnya. Wanita yang belum menyusui yang mengalami mastitis sebaiknya perlu menjalani pemeriksaan mammogram atau biopsi payudara. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi dini adanya kanker payudara, karena kanker payudara dapat memberikan gejala yang menyerupai mastitis (antara lain keluarnya nanah dan darah dari puting payudara)
Keluhan-keluhan Anda perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang (misal: laboratorium, dsb). Untuk itu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan.

Berikut kami lampirkan artikel yang mungkin bermanfaat:

Gimana Sih, Payudara yang Normal?

5 Langkah Periksa Payudara

Olahraga Menekan Risiko Kanker Payudara

Menyusui Selamatkan Ibu dari Kanker Payudara

Benjolan di Payudara Belum Tentu Kanker

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar