Sukses

Urin Berbau Menyengat

31 Jul 2017, 05:55 WIB
Wanita, 24 tahun.

Assalamualaikum dokter. Saya mau konsultasi mengenai daerah kewanitaan, saya punya keluhan tentang buang air kecil, umunya warna cairan itu normal bening putih, tetapi yg saya alami itu lebih berwarna kekuningan dan berbau pekat seperti telah mengkonsumsi obat.. Hal ini sudah 2bulan saya rasakan . Saya merasa tidak nyaman dengan keadaan ini, saya belum tau pasti apa penyebabnya .. Mohon bantuannya untuk solusinya dok? Serta satu lagi, perut bawah kiri saya suka terasa ngilu. Itu kenapa ya? Terima kasih banyak :)

Terima kasih telah bertanya tentang urin berbau menyengat melalui fitur Tanya Dokter.

Ada beberapa keadaan yang dapat menyebabkan urin berbau menyengat misalnya makan makanan tertentu dapat menyebabkan perubahan aroma urin (petai, jengkol, durian). Kondisi kurang cairan (dehidrasi) dapat menyebabkan urin menjadi pekat dan lebih bau. Di samping itu, infeksi saluran kemih juga dapat menimbulkan urin berbau menyengat.

Selain urin yang berbau menyengat, Anda juga mengalami keluhan sakit perut di kiri bawah. Ada kemungkinan, keluhan ini pun berhubungan dengan urin yang berbau menyengat. Apakah Anda juga mengalami nyeri saat buang air kecil dananyang-anyangan (BAK tidak lampias)? Jika ya, kemungkinan besar Anda mengalami infeksi saluran kemih.

Baca: Mengobati Infeksi Saluran Kemih.

Untuk memastikan penyebabnya, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter secara langsung dan melakukan pemeriksaan analisis urin.

Sementara ini, minumlah banyak air putih minimal 2 liter/hari, hindari kebiasaan menahan kencing, dan selalu jaga kebersihan daerah kemaluan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar urin berbau menyengat. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar