Sukses

Gumoh Berdarah Pada Bayi

30 Jul 2017, 20:36 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mau tanya. Anak saya perempuan usia 2 bulan. Asi ekslusif . Berat lahir 3,04 kg . Sekarang udah 6 kg.Masalahnya sejak lahir dia gumoh aja. Sering(kadang 20 x lebih /hari) dan banyak. Pernah sampe keluar bercak darah.. Pernah juga sampe muncrat dari mulut dan hidung. Saya harus gmna ya dok. Udah periksa kebidan katanya ga ada apa". Kira" apa masih normal dengan keadaan yg seperti itu.

Terima kasih telah bertanya seputar gumoh berdarah pada bayi melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Penambahan berat badan bayi yang ideal adalah 2 kali berat badan lahir bayi pada usia 5 bulan dan 3 kali berat badan lahir bayi pada usia 1 tahun. Berdasarkan informasi yang Anda berikan, berat badan bayi Anda masih dapat dikatakan normal.

Mengenai gumoh yang dialami bayi Anda, sebelumnya Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah anak muntah atau hanya gumoh. Gumoh adalah hal yang biasa terjadi pada bayi dan ini bukanlah muntah yang sebenarnya. Hal ini tidak perlu dicemaskan jika bayi tetap tampak sehat. Pada gumoh, biasanya bayi hanya mengeluarkan/memuntahkan kembali sedikit susu yang dikonsumsinya. Namun jika ada darah, tentu memerlukan perhatian khusus.

Jika keluhan gumoh mengganggu proses makan anak Anda, mungkin sebaiknya Anda segera membawa bayi Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis anak agar penyebab sebenarnya dari gumoh anak Anda dapat diketahui dan ditatalaksana dengan tepat sebelum bayi Anda mengalami gangguan pertumbuhan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai gumoh berdarah pada bayi. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar