Sukses

Ambeien, bolehkah di urut?

30 Jul 2017, 20:12 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok saya mau tanya bagai mana cara mengobati ambeien, dan apakah boleh jika d urut...?

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya seputar ambeien melalui fitur Tanya dokter.

Kami memahami ketidaknyamanan yang Anda rasakan. Namun, pijatan seperti apakah yang Anda maksud? daerah manakah yang dilakukan pemijatan?

Ada baiknya Anda berhati-hati dalam melakukan pemijatan. Pasalnya pijatan sebenarnya ditujukan untuk membantu melemaskan otot yang tegang, dan tidak dianjurkan melakukan pijatan pada daerah-daerah tubuh yang tidak dilindungi oleh tulang seperti rongga perut. Yang ditakutkan adalah terjadinya perdarahan pada organ dalam perut yang tidak diketahui atau terlihat dari luar yang pada keadaan berat dapat menyebabkan perlengketan pada organ dalam perut yang berakhir membahayakan.
Ambien atau wasir atau Hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Untuk terapinya, Terdapat krim yang digunakan untuk wasir namun krim tersebut hanya mengurangi rasa sakit saja dan bukan menyembuhkan. Penyembuhan sempurna dari wasir adalah dengan melakukan terapi operatif dan perubahan gaya hidup. Terapi operatif pun sekarang tidak harus diangkat dengan pisau bedah, namun bisa melalui tindakan yang disebut Rubber Band Ligation, suntikan Sklerotherapy pada wasir, dan infrared coagulation.

Yang terpenting saat ini adalah mencegah timbulnya wasir, atau mencegah wasir semakin berat jika memang sudah ada sebelumnya. Pencegahan untuk wasir meliputi;

-Minum banyak air, makan makanan yang mengandung banyak serat (buah, sayuran, sereal, suplemen serat, dll) sekitar 20-25 gram sehari
-Olahraga
-Mengurangi mengedan
-Menghindari penggunaan laksatif (perangsang buang air besar)
-Membatasi mengedan sewaktu buang air besar.
-Penggunaan celana dalam yang ketat dapat mencetuskan terjadinya wasir dan dapat mengiritasi wasir yang sudah ada.
-Penggunaan jamban jongkok juga sebaiknya dihindari.

Jika gejala wasir cukup mengganggu atau menyebabkan penyakit lain, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan kepada dokter terdekat agar dapat ditangai segera dan mencegah komplikasi yang tidak diinginkan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar