Sukses

Pemberian MPASI

30 Jul 2017, 20:54 WIB
Pria, 30 tahun.

Siang Dok, saya ingin menayakan kondisi bayi saya usianya baru masuk 9 bulan, anak perempuan dengan berat lahir 3kg dan panjang 48cm,kemarin ketika ditimbang bb nya 6,7kg dan panjang 66cm, kata dokter berat badannya memang kurang untuk usianya yang saat itu masih 8bulan,dokter menyarankan untuk diberikan susu tambahan yg dianjurkan adalah similac neosure, kebetulan bayi saya setelah lebaran terkena batuk serta flu sampai 2minggu dan sudah di tangani dokter 4x dan di uap 1x, dokter bilang tunggu kondisi anak saya sehat kembali baru bisa ke tahap perkembangan berat badannya yang harus dikejar karena kurang, baru hari selasa ini tanggal 25 juli 2017 sudah di berhentikan obat yang diberikan. Tetapi setelah diberhentikan anak saya tiba-tiba timbul batuk lagi memang hari sabtu dan minggu sempat di ajak pergi dengan kondisi masih sedikit batuk dan flu. Pertanyaan saya bagaimana caranya agar berat badan anak saya bisa naik kembali,dan cara pengobatan yang alami tanpa harus dengan obat-obatan untuk mengobati batuknya, dan juga apakah boleh saya berikan tambahan susu kambing ettawa organik yang kata orang baik juga untuk bayi? mohon petunjuk untuk cara pemberian mpasi yang baik seperti apa ditakutkan saya salah memberikan pola makan mpasi tersebut. Terimakasih.

Terima kasih telah bertanya mengenai MPASI melalui fitur Tanya Dokter dari KlikDokter.

Pada dasarnya setelah 6 bulan, banyak komposisi nutrisi yang tidak bisa dipenuhi oleh ASI. Hal ini terutama berkaitan dengan kalori, dan zat besi. MPASI bisa Anda buat dari apapun asalkan mengandung kalori, besi, dan zat gizi lain yang cukup. Anda bisa menggunakan tepung terfortifkasi besi atau membuatnya sendiri. Sering salah kaprah adalah ketika orang tua menyamakan MPASI dengan buah. Buah tidak akan mencukupi kebutuhan gizi anak Anda

Bila kondisi yang dirasakan hanya batuk dan flu tanpa disertai gejala lain seperti sesak napas ataupun demam tinggi, maka pemberian nutrisi bisa dilakukan kembali. Pemberian MPASI justru dilakukan dengan perlahan-lahan mengurangi frekuensi susu, supaya bayi lebih banyak mengkonsumsi nutrisi dari MPASI.

Makanan yang diberikan dimulai dari makanan yang lembut dahulu seperti sari buah yang cair atau bubur susu. Makanan pendamping ASI (MPASI) ini dimulai yang cair, halus hingga yang lebih padat. Misalnya seperti susu formula, buah-buahan yang dihaluskan, bubur susu ataupun nasi tim yang disaring. Nasi tim biasanya terdiri dari bubur beras ditambah lauk berprotein hewani maupun nabati ditambah sayuran seperti wortel dan bayam. Ada baiknya nasi tim haruslah melalui proses penghalusan terlebih dahulu, bisa dilakukan dengan alat blender sebelum diberikan pada bayi. Setelah bayi menginjak usia diatas 10 bulan, nasi tim tidak perlu dihaluskan lagi.

Lebih baik Anda berdiskusi dengan dokter Anak mengenai kesiapan kondisi anak Anda untuk tumbuh kejar, terkait dengan kembali munculnya batuk dan rencana nutrisi yang akan diberikan. Perlu dipahami bahwa peningkatan berat badan anak dipengaruhi oleh banyak hal. Kondisi anak bisa saja berat tidak seberat anak pada umumnya, asalkan sesuai dengan kurva pertambahan berat badan. Beberapa kondisi terkait alergi susu sapi juga bisa saja menghambat pertambahan berat badan bayi

Demikian informasi mengenai MPASI. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar