Sukses

Kulit Gatal di Selangkangan dan Dada

30 Jul 2017, 18:04 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, sudah hampir dua bulan saya mengalami gatal-gatal pada kulit bagian selangkangan dan dada, awalnya seperti kena ulet bulu gatalnya, tetapi lama lama menyebar dan merah. Saya sudah berobat kepada dokter umum tapi tidak kunjung sembuh. Lalu saya harus bagaimana untuk mengobati nya dok?

Terimakasih telah bertanya tentang kulit gatal melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mencoba memahami kondisi Anda.

Dari deskripsi Anda, gatal pada kulit selangkangan dan dada, pada awalnya berupa biduran/kaligata. Kondisi ini disebut dengan urtikaria akut yang umumnya disebabkan oleh alergi. Biasanya pemicunya jelas, bisa akibat makanan atau pemicu lainnya. Urtikaria akut biasanya teratasi dengan konsumsi antihistamin seperti cetirizine atau loratadine, atau antiradang seperti deksametason.

Bila kondisi ini kemudian menyebar, perlu diperhatikan apa pemicunya? Apakah Anda menggunakan produk-produk tertentu yang mungkin berbeda dari biasanya. Produk-produk tersebut dapat memicu alergi pada kulit yang sensitif.

Untuk mengetahui penyebab pasti keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan langsung dan wawancara yang lebih mendalam.

Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda segera berkonsultasi dengan dokter kulit apabila kondisi ini belum juga mereda.

Baca juga: Urtikaria Kronik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar penyebab kulit gatal. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar