Sukses

Saat Berdiri Terasa Ingin Jatuh

30 Jul 2017, 10:25 WIB
Pria, 22 tahun.

Assalamu'alaikum, mau tanya pak/bu doktrer. Saya kl mau tidur sering kejang sebentar & byasa nya klo berdiri kadang jatuh sendiri dan jari jari kaku. Trimakasih sebelum nya dokter

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Apa yang Anda maksud dengan kejang ? Apakah Anda sadar ? Apakah Anda ada keluhan sebelum kejang ? Seperti apa kejang Anda, apakah fokal atau general ? Apakah Anda sadar saar kejang ? Setelah kejang berhenti apakah Anda sadar atau tidak. Perlu dikaji lenih lanjut apakah Anda benar kejang, selain itu dibutuhkan wawancara dan pemeriksaan fisik secara langsung.

Umumnya penderita yang merasakan pusing, sakit kepala, pandangan gelap dari duduk ke berdiri memiliki hipotensi ortostatik. Pada saat berdiri/duduk tiba-tiba darah akan secara mendadak turun ke bagian tubuh paling bawah (kaki) akibat gaya gravitasi. Orang yang sehat setelah duduk atau berbaring kemudian berdiri dapat menyesuaikan dalam beberapa detik. Namun jika kondisi ini berlangsung lama atau hingga membuat orang pingsan meskipun sesaat, bisa jadi hal ini merupakan tanda-tanda adanya masalah yang lebih serius.

Penyebabnya adalah karena kekurangan cairan/dehidrasi, kurang olahraga, atau anemia. Penyebab lainnya adalah diabetes, gagal jantung, dan gangguan saraf. Jika Anda sering merasa pusing dan lemas, perlu dicurigai anemia penyebabnya dan diperlukan pemeriksaan laboratorium untuk menilai kadar hemoglobin. Untuk mengurangi gejala tersebut, jangan berdiri/duduk tiba-tiba setelah tidur, bangunlah secara bertahap dan perlahan agar Anda tidak pusing, minumlah minimal 8 gelas/hari, olahraga teratur 3-4x/minggu selama minimal 30 menit setiap sesinya, dan konsumsi makanan yang kaya zat besi.

Selain itu, kadar gula darah yang rendah dapat membuat tidak stabil. 

Oleh karena itu, kami sarankan Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter guna evaluasi dan tatalaksana selanjutnya sesuai penyebab.

Demikian informasi  yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar