Sukses

Kerak di Kulit Kepala Anak

30 Jul 2017, 12:21 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat sore dok, saya mau tanya, bayi saya umur 2 bulan punya masalah pada kerak kepalanya, setiap keraknya terkelupas kepalanya berair, pada saat kering muncul kerak lgi dan berair kulitnya juga kemerahan. Solusinya bgmna yah dok untuk mengobati? Trima kasih dok.

Terima kasih sudah bertanya mengenai kerak kepala pada bayi melalui fitur Tanya Dokter

Berdasarkan informasi yang Anda sampaikan, nampaknya keponakan Anda mengalami Dermatitis Seboroik. Dermatitis seboroik merupakan suatu keadaan peradangan kulit yang ditandai dengan pengelupasan kulit yang berwarna putih hingga kekuningan dan berminyak, terutama pada daerah kulit kepala atau pada kulit di dalam telinga. Hal ini tampak dalam bentuk ketombe putih kekuningan yang tebal seperti kerak, dalam dunia medis disebut dengan cradle cap. 

Dermatitis seboroik merupakan kelainan kulit atau peradangan (inflamasi), produksi kelenjar minyak kulit yang berlebihan dan peran kolonisasi jamur Pityrosporum, pada kulit yang terkena. Dermatitis seboroik merupakan kelainan kulit yang berlangsung kronik dan kambuhan. Dermatitis seboroik ditandai dengan kemerahan, gatal, dan kulit bersisik, paling sering mengenai kulit kepala (ketombe berminyak), tetapi juga dapat mengenai kulit pada bagian tubuh lainnya seperti wajah, dada, lipatan lutut, lengan dan lipat paha. Timbulnya dermatitis seboroik juga dipengaruhi oleh faktor keturunan. Biasanya pada orang tua yang berketombe, maka kemungkinan besar anaknya akan berketombe juga. Stress, suhu yang ekstrim, kurangnya menjaga kebersihan kulit kepala, penggunaan lotion yang mengandung alkohol dan lainnya dapat memicu timbulnya ketombe pada kulit kepala dan daerah kulit yang lainnya. Dermatitis seboroik tidak dapat disembuhkan sempurna namun dapat dikontrol.

Menurut American Academy of Dermatology, dermatitis seboroik pada anak-anak (cradle cap) ditangani dengan sampo atau lotion yang mengandung kortikosteroid lemah atau antijamur seperti ketokonazol. Sampo ketokonazole lebih efektif dibandingkan Zinc pyrithione. Selenium sulfid juga sering dipakai. Selenium sulfid digunakan dalam bentuk sampo, pemakaiannya dianjurkan 2-3 kali dalam seminggu. Setelah rambut dibasahi dan dioleskan sampo, diamkan selama 2-5 menit, setelah itu bilas.

Disamping itu infeksi bakteri, seperti impetigo, bisa saja menyebabkan timbulnya kerak, berwarna kekuningan. Saya sarankan membawa anak Anda ke dokter spesialis anak untuk dapat dilakukan penegakan diagnosis dan terapi yang tepat. 

Demikian informasi kami sampaikan kerak pada kulit kepala anak, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar