Sukses

Penanganan Polip Hidung

30 Jul 2017, 11:24 WIB
Pria, 31 tahun.

Yth ibu Dokter. Perkenalkan sy mega dari mataram lombok. saya ingin bertanya seputar masalah polip dan penanganannya. Sekitar 4 tahun yang lalu ibu saya mengidap sinusitis dan pembengkakan polip yang menyebabkan menurunya indra penciuman beliau. sebelumnya ibu sy ditawari utk melakukan operasi pengangkatan polip. namun karna saat itu ibu sy sedang asma (kambuh lagi) operasi di batalkan dan memilih untuk terapi obat dulu. Beberapa hari yang lalu, kebetulan cuaca di sini cukup dingin, biasanya ibu sy menetesi hidungnya dengan breathy (cairan garam merk breathy) tp saat itu beliau lupa, pada saat akan membersihkan hidung (membuang cairan,maaf, ingus) ternyata terdapat campuran darah dalam lendir ingus tsb. setelah konsultasi ke dokter spesialis tht ternyata polip ibu sy membengkak. dan disarankan utk operasi. sembari di beri obat semprot hidung selain breathy. pertanyaan saya, apakah operasi harus dilakukan, apa efek samping dr operasi tersebut?apakah darah yang bercampur ingus tsb bisa terjadi krn cuaca dingin dan lupa menetesi hidung?ibu sy berusia 52 tahun mengidap maag kronis, asma dan sinusitis,beliau jg alergi obat penghilang rasa sakit. Demikian pertanyaan sy, atas penjelasan bu dokter sy sampaikan terima kasih. salam

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar operasi polip melalui fitur Tanya Dokter.

Apabila polip masih memiliki ukuran yang kecil, masih dapat diatasi dengan obat-obatan, namun belum tentu berhasil hilang 100% juga. Terapi utama untuk polip hidung adalah dengan jalan operasi. Darah yang ibu anda alami kemungkinan besar berasal dari polip. Polip yang semakin membesar akan semakin mudah berdarah. 

Efek samping dari operasi, mungkin hanya terjadi pada masa awal setelah operasi saja, contohya nyeri di lokasi operasi, sakit kepala, sedikit perdarahan, namun hal tersebut merupakan hal yang wajar terjadi.

Untuk penyakit lainnya yang dialami ibu anda, sebelum melakukan operasi maka dokter akan memberikan obat-obatan guna mengontrol penyakit-penyakit tersebut, sehingga tidak mengganggu jalannya operasi. Kemudian, mengenai obat nyeri, harus disampaikan kepada dokter bahwa ibu anda memiliki alergi terhadap obat tertentu. Maka untuk obat anti nyeri, bisa diberikan obat anti nyeri golongan lain yang tidak membuat ibu anda alergi.

Karena kami tidak dapat memeriksa ibu anda, kami hanya dapat menyarankan sebatas bahwa polip hidung hanya dapat dihilangkan total melalaui operasi. Tingkat keberhasilan operasi polip hidung juga tergolong tinggi. Untuk menghindari risiko lebih parah seperti infeksi, hilangya indra penciuman, maka operasi sangat disarankan.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar operasi polip, Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar