Sukses

Nyeri Lutut Karena Overuse

30 Jul 2017, 10:13 WIB
Pria, 20 tahun.

Halo dok, selamat pagi. Dok saya ini suka berolah raga, setiap 2 hari sekali setiap sore pasti saya jogging sejauh 8 km, tapi akhir2 ini kaki saya (sendi pada lutut) terasa nyeri, nyut nyutan padahal baru berlari beberapa menit, yang saya ingin tanyakan apakah maksud dari gejala ini dan bagaimna cara mengatasinya agar saya dapat berolah raga kembali, terimakasih dok 😄

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri lutut akibat overuse melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan informasi yang anda berikan, kemungkinan anda olahraga terlalu berlebihan sehingga tidak memberikan waktu untuk kaki anda beristirahat. Cedera ini disebut overuse injury. Pada pelari, seringkali urat (tendon) di bagian lutut mengalami peradangan. Sehingga yang terjadi adalah anda menjadi nyeri ketika berlalri, dan bahkan bila disentuh saja. 

Untuk sekarang ini, anda dapat lakukan :

  • hentikan dulu olahraga lari selama 2 minggu, berjalan terlebih dahulu
  • Setiap hari, terutama setelah olahraga, kompres lutut anda dengan menggunakan kompres ES, selama 15 menit
  • Konsumsi obat anti radang yang bisa dibeli bebas, contohnya natrium diklofenak, meloxicam, asam mefenamat, dll. Minum sehari sebanyak 2 kali selama seminggu
  • PAstikan setiap mau berolahraga, anda melakukan stretching dengan benar, terutama otot hamstring, quadriceps, dan  gastrocnemius ( betis). otot yang kaku bisa mempermudah anda cedera.

Namun untuk memastikannya, kami sarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis ortopedi, atau dokter spesialis kedokteran olahraga.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar nyeri lutut akibat overuse, Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar