Sukses

Badan Gemetaran

30 Jul 2017, 08:16 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat malam dokter Anak saya kenzo senin tgl 17 juli panas tiba tiba, turun naik suhu tubuhnya sampai tgl 20 juli kamis,, Kamis sore kami pergi ke RS setelah dilakukan pengecekan darah kenzo di diagnosa gejala tipes,, diberi antibiotik dan puyer radang Setelah obat habis sudh tidak panas lg makan minum mau dn bisa main di kamar,, tp saya kaget ketika di berdiri dia tidak kuat seperti gemetaran,, jalan pun seperti melayang,, Yg saya tanyakan apa kondisi kenzo masih wajar untuk anak yg terkena gejala tipes,, krna yg khwatir

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter untuk bertanya tentang badan gemetaran.

Halo, kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Demam tifoid atau secara awam disebut penyakit tipus merupakan penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri Salmonella typhii yang ditularkan lewat makanan.

Gejala timbul secara bertahap dalam waktu 8-14 hari setelah terinfeksi. Gejalanya bisa berupa demam, sakit kepala, nyeri sendi, sakit tenggorokan, sembelit, penurunan nafsu makan dan nyeri perut. Kadang penderita merasakan nyeri ketika berkemih dan terjadi batuk serta perdarahan dari hidung.

Jika pengobatan tidak dimulai, maka suhu tubuh secara perlahan akan meningkat dalam waktu 2-3 hari, yaitu mencapai 39,4-40°C selama 10-14 hari. Panas mulai turun secara bertahap pada akhir minggu ketiga dan kembali normal pada minggu keempat. Demam seringkali disertai oleh denyut jantung yang lambat dan kelelahan yang luar biasa.

Tubuh memiliki sistem saraf otonom, yang berfungsi sebagai sistem tubuh di luar kesadaran seperti pernafasan, jantung, pembuluh darah , kelenjar, dan lain-lain. Sistem saraf terbagi 2 yaitu simpatis dan parasimpatis, di mana keduanya bekerja berlawanan supaya saling menyeimbangkan. Pada beberapa orang terdapat gangguan keseimbangan kedua jenis persarafan tersebut, yang menimbulkan keluhan psikosomatis (keluhan fisik tanpa adanya gangguan pada fisik). Keluhan ini bersifat psikis yang bermanifestasi dalam kelainan fisik. Psikosomatis umumnya dicetuskan oleh stres emosional.

Gemetaran disebabkan karena persarafan otonom tersebut. Umumnya disebabkan karena faktor psikis atau dapat juga disebabkan setelah tangan mengangkat benda berat. Gemetar juga dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk gangguan saraf, gangguan elektrolit, gangguan kadar gula, gangguan hormon atau kelelahan otot biasa.

Bagaimana dengan asupan makan anak Anda ? Pada gejala tifes menyerang pencernaan dimana dapat membuat asupan makan menurun akibatnya gula darah menjadi menurun. Belum dapat disingkirkan apakah gemetaran bagian dari perjalan penyakit gejala tifesnya, atau karena penyebab lain. Anda dapat kembali ke dokter untuk konsultasi kembali dan dilakukan wawancara detail dan pemeriksaan fisik lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai badan gemetaran. semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar