Sukses

Konsumsi Obat Clovertil

30 Jul 2017, 08:16 WIB
Wanita, 27 tahun.

Tanya dok, haid sy tdk teratur kdg sampai 1 bulan menstruasi, setelah ke spesialis kandungan dokter memberikan obat clovertil clomiphene citrate 50 mg bru haid sy sampai 7hari sj, jika mengkonsumsi obat itu terus terusan tdk apa2 ya dok, kpan biasanya convertil dkonsumsi?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Halo, kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Obat yang anda sebutkan mengandung Clomiphene citrate yang bertugas untuk merangsang hormon reproduksi. Pada wanita gunanya untuk merangsang pematangan dan pelepasan sel telur. Sedangkan pada laki-laki bertujuan untuk merangsang produksi sperma.

Obat ini dapat digunakan tidak hanya bagai wanita yang kurang subur saja tapi juga untuk kaum laki-laki.

Aturan pemakaian atau dosis obat ini berbeda tergantung kondisi pasien dan tujuan yang diinginan.

1. Anovulatory Infertility (pada wanita); 1 x 1 tablet sehari selama 5 hari, yang diberikan pada hari ke II atau ke V dari siklus menstruasi.
Pada wanita yang tidak mengalami menstruasi (amenore), maka obat dapat diminum setiap waktu. Bila ovulasi tidak terjadi, maka pada siklus berikutnya dosis dapat ditingkatkan 2 x 1 tablet/hari selama 5 hari.
Profertil dapat diberikan sampai 6 siklus. Bila sampai 6 siklus pengobatan dengan ProfertilL, tidak terjadi kehamilan maka pengobatan tidak perlu dilanjutkan.

2. Oligospermia (pada laki-laki) 1 x 1 tablet sehari selama 25 hari berturut-turut kemudian istirahat 5 hari, baru dilanjutkan 25 hari lagi kemudian istirahat 5 hari dan seterusnya. Lama pengobatan 6 - 12 bulan.

Untuk lebih tepatnya sebaiknya anda kembali berdiskusi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan anda. Anda dapat kembali bertanya mengenai aturan pemakaian obat tersebut hingga Anda benar-benar merasa jelas dengan penjelasan yang diberikan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar