Sukses

Nyeri Perut Kiri Bawah Pasca Operasi Hernia

30 Jul 2017, 08:16 WIB
Pria, 47 tahun.

Dok saya mau bertanya, Ayah saya baru selesai operasi hernia. Katanya sebelah kanan bawah perut. Sekarang sesudah operasi mulai merasakan sakit di sebelah kiri bawah perut. Apakah itu karena efek operasi? Ataukah Hernia bisa terjadi pada kanan dan kiri bawah perut? Karena sebelum operasi Ayah saya tidak di cek keseluruhan dalam perut, hanya bagian yang sakitnya saja yang di cek... Terima Kasih Dokter, saya tunggu jawabannya...

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Halo, Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah ayah Anda sudah melakukan kontrol setelah operasi tersebut?

Sayang sekali sulit bagi kami mengetahui penyebab keluhan berdasarkan informasi yang Anda berikan. Dibutuhkan pemeriksaan fisik langsung, wawancara medis, dan penunjang yang diperlukan untuk menegakkan diagnosis. Segera kunjungi dokter Anda kembali yang menangani operasi atau mengetahui kondisi medis beliau pasca operasi apabila terdapat keluhan seperti nyeri berkemih, nyeri di sekitar kemaluan, atau perdarahan. Anda dapat melakukannya meski belum saatnya kontrol ke dokter, agar pemulihan pasca operasi ayah Anda optimal.

Penyebab sakit perut kiri banyak kemungkinannya, seperti gangguan pencernaan, gangguan otot/tulang atau organ ginjal, saluran kemih.

Bagaimana dengan aktivitas ayah Anda? Pasca operasi hernia, tidak disarankan untuk beraktifitas berat pasca operasi hernia lebih kurang selama 3-4 minggu. Ayah Anda tetap dapat beraktivitas namun disarankan menghindari aktivitas yang dapat meningkatkan tekanan intra abdominal, seperti mengedan, mengangkat berat, maupun berjongkok.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.

Semoga bermnafaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar