Sukses

Menyikapi Hasil Test Pack yang Samar

30 Jul 2017, 06:21 WIB
Wanita, 27 tahun.

Selamat mlm Dok, saya ingin bertanya saya sudah telat haid 7 hari .bulan juni saya haid tgl 16 selesai tanggal 21 juni. Seharusnya sy haid di tanggal yang sama. Kemudian saya test pack hasilnya 2 garis, namun yg bawah samar.2 hari yg lalu, sy minum noprostol 3 tablet karena maag saya. Kemarin pagi keluar bercak darah warna coklat, dan malam harinya sedikit bercak. Payudara saya biasa saja, saya tidak mual. Itu tanda hamil tidak y dok??

Terimakasih telah bertanya seputar hasil test pack yang samar melalui fitur Tanya Dokter.

Test pack pada kehamilan bekerja dengan mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yaitu hormon beta-hCG (human chorionic gonadotropin). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan akurasi mencapai 99%. Garis tipis saja sudah bisa menunjukkan hasil yang positif.

Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu.

Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah:

  • Kesalahan teknik pemeriksaan
  • Terlalu lama mencelupkan strip
  • Kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi

Pada kondisi-kondisi tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau lakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika masih belum menstruasi.

Sedangkan penyebab hasil positif palsu di antaranya:

  • Hamil kimia. Banyak kasus kehamilan yang tidak diketahui mengalami keguguran yang disangka menstruasi. Test pack yang dilakukan sebelum terlambat haid menunjukkan hasil positif, ternyata menstruasi tetap keluar seperti biasa jumlahnya beserta jaringan hasil pembuahan.
  • Pengaruh obat atau bahan kimia. Obat-obatan tertentu dapat membuat tes menjadi positif seperti pemakaian b-hCG untuk terapi kesuburan dan diet, penggunaan obat diuretik dan obat anti Parkinson, terdapat bahan kimia atau sabun yang terkontaminasi pada urin, dan penggunaan Vitamin C dosis tinggi.
  • Terdapat tumor dalam tubuh yang menghasilkan beta-hCG seperti tumor jaringan plasenta (trofoblastik), tumor indung telur.
  • Kehamilan di luar kandungan (ektopik) dan hamil anggur (mola).

Saat ini, Anda telah mengalami keterlambatan haid. Jika haid terlambat, maka peluang Anda untuk hamil lebih besar. Anda dapat melakukan test pack ulang 1 minggu kemudian untuk memastikan apakah Anda hamil atau tidak.

Bila hasil tetap meragukan setelah test pack diulang dan Anda belum haid, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk dilakukan USG kehamilan.

Seputar tanda kehamilan lainnya dapat Anda baca di sini: Tanda Pasti Hamil.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar hasil test pack. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar