Sukses

Mual Setelah Minum Obat, Apakah Alergi?

29 Jul 2017, 19:11 WIB
Pria, 24 tahun.

dok kenpa setiap minum obat terasa ulu hati mual, apakah cocokan untuk minum obat apa karna punya maag

Terima kasih sudah bertanya tentang Mual Setelah Minum Obat, Apakah Alergi? menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.

Obat apakah yang Anda konsumsi? Apakah keluhan muncul langsung setelah minum obat? Apakah muncul reaksi pada kulit, seperti kemerahan, bengkak, gatal?

Nyeri pada ulu hati sering disebabkan oleh kondisi peningkatan asam lambung. Kondisi ini dapat menimbulkan penyakit maag dan GERD (gastroesophageal reflux disease). Maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, mual, kembung, dan muntah. Apabila keluhan menjadi nyeri dada, dada terasa panas, dan mulut terasa pahit/asam, maka mungkin saja itu bukan maag namun penyakit Refluks Gastroesofageal yang terjadi akibat naiknya cairan lambung ke kerongkongan. Hal ini disebabkan klep antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik. Kondisi stres atau cemas dapat menyebabkan kenaikan produksi asam lambung dimana hal ini tentu saja dapat menambah keluhan dari maag atau GERD yang dirasa.

Namun untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan fisik lebih lanjut, maka kami sarankan anda untuk berhenti meminum obat yang sudah anda konsumsi, dan berkonsultasi langsung sambil membawa obat tersebut ke dokter.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Mual Setelah Minum Obat, Apakah Alergi? , semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar