Sukses

Pemeriksaan Pap Smear Pada Wanita Belum Menikah

29 Jul 2017, 19:11 WIB
Pria, 21 tahun.

Dokter saya belum menikah, apakah saya bisa melakukan pap smear? dan berapa ya harga untuk pemeriksaan pap smear?

Terima kasih sudah bertanya tentang Pemeriksaan Pap Smear Pada Wanita Belum Menikah menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.

Kami akan menjelaskan mengenai pemeriksaan pap smear. Pap smear digunakan untuk mendeteksi kanker rahim yang disebabkan oleh human papiloma virus atau HPV. Wanita yang aktif secara seksual disarankan menjalani Pap smear sekali setahun.

Tidak perlu takut melakukan papsmear. pemeriksaan pap smear dikerjakan dengan mengambil sample sel dari vagina dan mulut rahim. sampel tersebut akan diperiksa di laboratorium, jika hasil normal, Anda tetap harus melakukan pap smear rutin setiap 3 tahun. Jika hasilnya menunjukan sel abnormal maka dokter akan memberikan penatalaksanaan lanjutan. Standar penggunaan alat untuk papsmear adalah akan selalu disterilisasikan setiap habis digunakan. Oleh sebab itu disarankan untuk melakukan papsmear di fasilitas kesehatan dan oleh tenaga medis/ dokter yang kompeten.

Beberapa hal yang harus dilakukan sebelum pap smear diantaranya:

  1. Tidak melakukan hubungan seksual 48 jam sebelumnya
  2. Tidak menggunakan pembersih vagina baik cairan atau semprot yang dapat mengubah kandungan cairan vagina.
  3. Tidak sedang haid. Haid dapat mengaburkan hasilnya.
  4. Tidak sedang dalam infeksi berat, seperti keputihan yang parah.

Perempuan yang sudah menikah sering disarankan menjalani Pap smear secara rutin. Pemeriksaan itu adalah langkah deteksi dini kanker leher rahim.

Bagaimana dengan remaja putri? Menurut Prof dr H Suhatno SpOG(K), remaja putri yang belum melakukan aktivitas seksual membutuhkan pemeriksaan semacam Pap smear. Itu merupakan langkah pencegahan. Namun, pengambilan sampel tak mencapai mulut rahim. Hanya di sekitar mulut vagina sehingga tak akan merusak selaput dara.

Bagi mereka yang sudah menikah atau remaja yang pernah melakukan hubungan seksual, lebih disarankan menjalani Pap smear. Itu merupakan metode pengambilan cairan di mulut rahim. Hal tersebut dilakukan untuk mendeteksi kanker yang disebabkan human papillomavirus (HPV). 'Pemeriksaan ini seyogianya dilakukan setiap enam bulan hingga setahun sekali,' ujar Suhatno.

Pemeriksaan itu sangat penting. Sebab, kanker leher rahim tergolong pembunuh pertama di Indonesia. Urutannya, kanker leher rahim (18,41 persen), kanker payudara (11,59), kanker kulit (8,24), kanker nasofaring (6,15), dan kanker indung telur (4,94).

Kami menyarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mengetahui kepentingan melakukan pemeriksaan pap smear tersebut.

 


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Pemeriksaan Pap Smear Pada Wanita Belum Menikah , semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar