Sukses

CAPD atau Cimino?

29 Jul 2017, 18:07 WIB
Pria, 26 tahun.

apa kekurangan dan kelebihan antara cimino dengan capd dok ?? dan baik nya untuk umur 26 baiknya menggunakan cimino atau capd yaa ??? terima kasih

Terima kasih sudah bertanya mengenai CAPD dan Simino melalui fitur Tanya Dokter

Pemilihan CAPD (Chronic Ambulatory Peritoneal Dialysis) dan Simino dalam penanganan gagal ginjal memperhatikan banyak aspek, seperti indikasi medis, pilihan pasien, quality of life, dan sejumlah faktor lainnya. Umur, pekerjaan, bisa saja menjadi pertimbangan namun yang lebih penting adalah kondisi kesehatan Anda sendiri, terutama kesehatan ginjal.

CAPD adalah operasi pada perut untuk “menanamkan” selang yang terhubung antara perut bagian luar dengan ginjal. Selang tersebut bisa dibilang sebagai pintu utama pertukaran cairan. Hal yang dilakukan selanjutnya adalah melakukan proses ini selama kurang lebih 3-4 kali sehari (selama 365 hari dalam setahun, artinya: dilakukan setiap hari), yaitu dengan jalan mengeluarkan cairan yang ada dalam tubuh ke dalam kantong CAPD kosong, dan menggantinya dengan cairan dari kantong CAPD yang masih berisi cairan steril(1,5-2,5 liter). CAPD tidak menghambat mobilitas pasien namun sangat bergantung dengan keahlian pasien dan keluarga dalam perawatannya. Permasalahannya, laju filtrasi dari CAPD sering sulit untuk diprediksi dan bisa menurun seiring waktu.

Simino merupakan cara yang dilakukan untuk hemodialisa. Simino merupakan kegiatan untuk membuat fistula, untuk jalur melakukan hemodialisa. Simino membutuhkan waktu dan dilakukan rutin 2-3 kali dalam seminggu dan seringnya di waktu bekerja. Akan tetapi hemodialisa memberikan filtrasi yang lebih baik dibandingkan CAPD.

Saya sarankan Anda untuk berdiskusi dengan dokter spesialis penyakit dalam subspesialis ginjal dan hipertensi untuk memilihkan terapi yang lebih baik buat Anda dengan segala pertimbangan yang Anda miliki

Demikian informasi mengenai CAPD dan Simino kami sampaikan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar