Sukses

Payudara Sakit

29 Jul 2017, 19:25 WIB
Wanita, 25 tahun.

Ciri ciri kanker payudara gmn y dok.. Sebab udh beberapa bulan payudara saya sering sakit.. Mohon penjelasannya terima kasih dok

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri pada payudara melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun pertama-tama kami perlu menanyakan beberapa hal seperti: sejak kapan keluhan dirasakan? Apakah teraba benjolan pada payudara? Apakah ada gejala lain seperti kulit payudara kemerahan, bengkak, nyeri saat disentuh, demam, payudara teraba panas?

Nyeri pada payudara disebut dengan mastalgia, dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari peradangan payudara, trauma, tumor, masalah otot dan akibat menstruasi. Peradangan pada payudara biasanya ditandai oleh warna kemerahan pada payudara, sakit saat disentuh. Trauma disebabkan oleh benturan yang mengenai payudara. Masalah pada otot juga bisa terjadi, biasanya keluhan bertambah bila tangan atau bahu di sekitarnya digerakkan. Nyeri pada payudara juga bisa disebabkan oleh tumor, tapi biasanya gejala nyeri tidak terjadi di awal perjalanan penyakit.

Menurut American Cancer Society, ada beberapa ciri-ciri kanker payudara, yaitu:

  • Benjolan pada payudara atau daerah ketiak.
  • Bengkak pada seluruh atau sebagian payudara.
  • Peradangan atau luka pada kulit payudara.
  • Kerutan pada kulit payudara yang menyerupai kulit jeruk.
  • Rasa nyeri pada payudara.
  • Nyeri pada puting.
  • Puting payudara tertarik ke dalam.
  • Penebalan atau kemerahan pada puting.
  • Keluarnya cairan dari payudara (selain ASI), yang umumnya dapat berupa nanah atau darah.

Selain gangguan di atas, menstruasi sendiri dapat menyebabkan keluhan nyeri pada payudara. Biasanya wanita pernah mengalami nyeri pada payudara saat periode haid sebelumnya. Nyeri biasanya terjadi pada kedua payudara, dan menghilang setelah haid selesai.

Tatalaksana awal yang dapat dilakukan sebelum menemui dokter dapat menggunakan kompres dingin pada daerah yang nyeri. Dapat juga ditambahkan obat penahan nyeri yang dijual bebas seperti paracetamol atau ibuprofen (perhatikan cara pakai pada label).

Walaupun bisa disebabkan oleh faktor selain tumor, tetapi melakukan pemeriksaan payudara sendiri secara rutin akan memudahkan Anda untuk merasakan adanya perubahan pada payudara. Bila ditemukan adanya ciri-ciri kanker payudara pada diri Anda atau keluhan nyeri tidak membaik, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan apakah keluhan tersebut adalah akibat kanker payudara atau penyakit lainnya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai nyeri pada payudara. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar