Sukses

Nyeri Setelah Operasi Varicocele

29 Jul 2017, 18:07 WIB
Pria, 22 tahun.

Beberapa bulan yang lalu saya menjalani operasi varikokel (pembengkakan pembuluh darah pada skrotum). Bagian yang dioperasi perut bawah sebelah kiri. Namun beberapa bulan pasca operasi saya sering merasakan rasa perih dibagian dalam bekas lokasi operasi. Apakah dapat diketahui penyebabnya? Atau ada prosedur lain yang dapat saya lakukan?

Terimakasih telah bertanya seputar penyembuhan pasca operasi varikokel melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Sebelumnya kami ingin bertanya terlebih dulu, jenis tindakan apa yang dilakukan untuk menangani varikokel Anda? Apakah dengan operasi terbuka, laparoskopi atau embolisasi?

Waktu penyembuhan berbeda-beda untuk tiap jenis tindakan tetapi secara umum tidaklah lama. Ketiga prosedur tersebut bukan operasi besar sehingga waktu pemulihan berkisar antara 3-6 minggu setelah operasi. Bila operasi yang Anda lalui adalah operasi terbuka bisa saja mengakibatkan proses penyembuhan yang lama. Dalam proses penyembuhan tersebut bisa saja terjadi kemerahan di sertai pembengkakan. Nyeri dapat diatasi dengan mengkonsumsi anti nyeri. 

Apakah selama ini Anda sudah kontrol kembali dengan dokter yang mengoperasi? Bagaimana aktivitas Anda pasca operasi? Aktivitas seperti angkat berat, bersepeda terlalu lama terlalu dini juga bisa mempengaruhi proses penyembuhan operasi Anda. Ada baiknya memeriksakan ulang kondisi Anda agar diketahui apakah memang penyebab nyerinya berasal dari luka bekas operasi atau ada sebab lainnya. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar penyembuhan pasca operasi varikokel. 

Demikian nyeri setelah operasi varicocele kami sampaikan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar