Sukses

Kaki O

29 Jul 2017, 18:07 WIB
Wanita, 18 tahun.

bagaimana cara menyembuhkan bentuk kaki o dengan alami tanpa operasi

Terima kasih sudah bertanya mengenai penanganan kaki O melalui fitur Tanya Dokter

Kaki berbentuk O atau genu varum merupakan gangguan pertumbuhan tulang kaki yang menyebabkan terjadinya pergeseran rotasi pada persendian antara tulang paha dan tulang lutut. Gangguan pertumbuhan ini juga mengakibatkan sudut yang terbentuk antara kedua tulang tersebut menjadi tidak normal. Kondisi demikian menumpukan berat badan pada lutut bagian dalam sehingga bisa membahayakan sendi lutut bagian dalam, serta otot dan ligamen yang menempel pada area tersebut

Penyebab kelainan ini sifatnya multifaktorial, faktor genetik atau keturunan merupakan salah satunya, akan tetapi juga ada sejumlah faktor lain, yaitu:

  • Variasi normal pada sebagian anak, yang biasanya akan membaik setelah berusia 2 tahun
  • Posisi tidur yang salah, misalnya tengkurap seperti katak. Jika berlangsung lama, kebiasaan ini dapat mengakibatkan gangguan rotasi dan bentuk tungkai.
  • Kebiasaan duduk yang salah, misalnya duduk dengan posisi kaki melengkung ke dalam.
    Untuk mengukur kelengkungan kaki anda kami menganjurkan Anda memeriksakan diri kepada dokter spesialis ortopedi.

Kondisi penanganan sulit dilakukan bila sudah melewati masa maturasi tulang. Beberapa pertolongan tanpa operasi seperti penggunaan "brace" atau penyangga di bagian atas lutut, menjadi opsi, namun tidak didukung oleh bukti ilmiah yang cukup. Pada saat ini terapi yang bisa dipilih adalah metode "osteotomy" dan dilanjutkan dengan fiksasi dari luar kaki. Prosedur ini membutuhkan operasi dan pemantauan berulang.

Kami sarankan Anda untuk berdiskusi dengan dokter spesialis orthopedi untuk penatalaksanaan dari kasus yang Anda alami

Demikian informasi mengenai penanganan kaki O kami sampaikan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar