Sukses

Air di Telinga

29 Jul 2017, 18:16 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok sya mau bertanya, bagaimana cara mengeluarkan air dari telinga. Sudah satu minggu airnya tidak bisa keluar dan telinga saya menjadi sakit dan terus berdenging. Mohon penjelasannya

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan Anda, sepertinya Anda mengalami infeksi dalam telinga. Infeksi ini menghasilkan cairan/nanah yang menyebabkan rasi sakit itu. Dan Air tersebut sebenarnya sulit dikeluarkan kalau di belakang genderang telinga. Yang harus dilakukan adalah mengobati infeksi tersebut.

Selain memasukkan air kembali ke telinga Anda, terdapat beberapa cara lain seperti:

Menguap. Gerakan ini mungkin saja membantu melegakan ketegangan bagian telinga sehingga bisa menguras air keluar.

Mengunyah sesuatu. Untuk membantu membebaskan air sehingga bisa dikeluarkan dengan mudah, gerakan mengunyah bisa membantu. Jika perlu, mengunyahlah sembari memiringkan kepala agar air makin mudah keluar.

Untuk menangani keluhan Anda secara maksimal, sebaiknya periksakan terlebih dahulu kondisi telinga Anda pada dokter spesialis THT. Jangan memberikan obat tetes tanpa konsultasi ataupun pemeriksaan langsung dengan dokter. Pemberian obat tetes terutama pada mereka dengan gangguan pada gendang telinga dapat berakibat fatal dan merusak fungsi pendengaran.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat,

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar