Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Luka Pada Penis, Penyakit Menular kah?

29 Jul 2017, 09:43 WIB
Pria, 23 tahun.

Permisi saya ingin bertanya, saya memiliki keluhan bahwa penis sayang di bagian batang dan skrotum nya memiliki luka yg memerah dan berair itu terasa sangat perih, apakah itu termasuk penyakit menular sexual atau iritasi biasa, karena saya belum pernah berhubungan sexual

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya mengenai luka pada penis menggunakan fitur Tanya dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Namun, sayangnya sangat sulit bagi kami untuk menjawab pertanyaan Anda dengan informasi yang sangat minim. Sejak kapan keluhan ini berlangsung? Apakah ada gejala penyerta selain luka merah dan berair? Bagaimana buang air kecil Anda?

Diketahui ada berbagai macam infeksi menular seksual yang bisa menyerang laki-laki seperti gonorrhea (kencing nanah), herpes kelamin, kutu kelamin, HIV dan sifilis atau raja singa.

Berikut gejala yang muncul di penis jika memiliki infeksi menular seksual,yaitu:

1. Keluar cairan dari penis

Cairan berwarna putih, kuning atau hijau yang keluar dari ujung penis bisa jadi tanda gonorrhea, terutama jika diikuti pula dengan rasa nyeri pada uretra atau rasa sakit saat buang air kecil.


2. Ada benjolan di penis

Pada sifilis primer, muncul seperti benjolan ada bagian yang keras tapi tidak sakit yang muncul di penis. Hal ini biasanya disertai dengan pembengkakan pada kelenjar getah bening di selangkangan.

3. Nyeri di penis atau rasa tidak nyaman

Nyeri atau ketidaknyamanan yang muncul saat buang air kecil ada kemungkinan merupakan tanda dari infeksi menular seksual, biasanya juga mengalami perubahan debit urine dari uretra.

4. Ada lecet atau koreng di penis

Adanya bintik-bintik merah yang gatal dan nyeri atau lecet kecil di penis merupakan tanda dari herpes genital. Awalnya muncul rasa sakit atau gatal-gatal terlebih dahulu dan 1-2 hari kemudian muncul lecet. Luka herpes juga bisa muncul di paha, skrotum (buah zakar) dan bokong.

5. Adanya bintik-bintik cokelat di rambut sekitar penis

Bintik kecil berwarna abu-abu kecokelatan pada rambut kemaluan bisa jadi merupakan tanda adanya investasi dari kutu kemaluan.

6. Benjolan merah pada penis dan skrotum

Kutu kudis yang terdapat di penis bisa menyebabkan benjolan merah yang gatal dan biasanya muncul satu baris. Lesi atau luka serupa juga bisa hadir di bagian tubuh lain jika memang memiliki kutu kudis.

 

Apabila keluhan sangat mengganggu, kami sarankan agar Anda segera menemui dokter Anda untuk penanganan lebih lanjut. Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar