Sukses

Perdarahan Pasca Kuret

29 Jul 2017, 13:02 WIB
Wanita, 42 tahun.

Dok tgl 7 juli kmrn sy habis kuret, satu minggu darah dah ga kluar tapi setelah 2minggu darah kluar lagi banyak kata orang karna kecapek an terus sampai kapan perut terasa nyeri dok mohon penjelasannya dok trima kasih

Terima kasih telah bertanya mengenai perdarahan pasca kuret melalui fitur Tanya Dokter

Saya turut prihatin atas kejadian yang menimpa Ibu.

Kuret bertujuan untuk mengambil dan membersihkan sisa perdarahan atau jaringan yang masih ada dan menempel. Jika lewat pemeriksaan sudah tidak ada sisa jaringan atau perdarahan di dalam rahim maka tidak diperlukan kuret. Setelah kuret emang dapat dijumpai beberapa keluhan, salah satunya adalah flek.

Umumnya setelah satu minggu dari kuretase darah sudah tidak ada lagi. Jika tidak terjadi komplikasi, umumnya kesuburan akan kembali normal.Jika sudah mendapat haid lagi berarti fungsi organ reproduksi sudah kembali normal dan sudah boleh hamil lagi. Jika seorang dikuret, seorang perempuan akan mulai berovulasi 2 - 3 minggu setelah tindakan kuretase, sehingga sebetulnya dapat segera hamil. Namun, dianjurkan agar ibu menunda kehamilan berikutnya selama kurang lebih 3 bulan, hingga organ reproduksi ibu kembali ke bentuk semula dan ibu telah siap secara fisik dan emosi untuk hamil lagi. 

Bila lewat dari satu minggu terjadi kembali perdarahan maka ada hal yang bisa menjadi kemungkinan penyebab:

1. Perdarahan yang terjadi adalah menstruasi. Adakah gejala khas nyeri perut saat menstruasi muncul? Apakah warna darah merah kehitaman? Terkadang menstruasi dapat memanjang hingga 2 minggu akibat berbagai faktor.

2. Masih ada jaringan yang tidak tuntas dibersihkan saat kuret. Memastikan kuret yang dilakukan bersih dan komplit memang merupakan sebuah tantangan dan bukanlah hal mudah untuk dilakukan.

3. Infeksi dari rahim itu sendiri. Kondisi ini biasanya disertai dengan demam.

Pemeriksaan lanjutan yang disarankan tentu harus didasarkan pada wawancara langsung dan pemeriksaan fisik langsung terhadap diri Anda. Saya sarankan ibu untuk kembali kontrol pada dokter yang melakukan Kuretasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan perdarahan pasca kuret. Semoga bermanfaat. 

 

0 Komentar

Belum ada komentar