Sukses

Pertanyaan Seputar Komedo

29 Jul 2017, 13:24 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok saya mau tanya pelembab wajah yg seperti apa yg harus di pilih untuk wajah kombinasi ( komedo di hidung dan pori2 besar di sekitar hidung dan pipi , daerah t zone berminyak tp yg lain normal namun kadang kering juga dok)

Terima kasih telah bertanya mengenai komedo menggunakan fitur Tanya Dokter.

Halo, Kami mengerti kekhawatiran anda. Pada dasarnya komedo merupakan salah satu jenis jerawat yang berukuran kecil. Komedo terjadi karena penyumbatan kelenjar minyak dan biasa terdapat pada daerah hidung dan dahi. Komedo dapat menyebabkan melebarnya pori-pori wajah jika terjadi berulang-ulang kali dalam jangka waktu yang lama.

Prinsip utama penanganan komedo adalah menjaga kebersihan, mengontrol minyak pada wajah, serta mengecilkan pori-pori wajah. Oleh karena itu, pastikan anda rajin mencuci wajah dengan sabun khusus untuk wajah. Selanjutnya, anda dapat menggunakan masker alami untuk mengecilkan pori-pori sekaligus melembutkan wajah serta mengontrol jumlah minyak pada wajah.Salah satu masker alami yang sering digunakan adalah madu asli karena madu terlah terbukti aman dan berkhasiat untuk wajah.

Kulit wajah yang kasar dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Misalnya cara pembersihan wajah yang tidak tepat dan tidak sesuai dengan jenis kulit, perawatan kulit yang tidak tepat paparan radikal bebas seperti sinar matahari, polusi dan rokok dapat mempercepat proses tersebut terjadi.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memuluskan kulit wajah adalah :

Bersihkan make-up sebelum Anda membersihkan wajah
Membersihkan kulit wajah tanpa membersihkan make-up yang tertempel di wajah, sama saja dengan mandi tanpa menanggalkan pakaian. Usapkan pembersih make-upyang sudah dituangkan pada kapas dengan cara di tepuk-tepuk untuk menghilangkan seluruh "pakaian" yang meliputi wajah Anda. Jangan pernah lupa membersihkan make-up sebelum Anda tidur.

Bersihkan wajah secara teratur
Bila jenis kulit Anda kering, jangan terlalu sering membersihkan wajah dan berhati-hatilah dalam memilih sabun wajah. Bila jenis kulit Anda berminyak, bersihkan wajah dua kali sehari, terutama setelah berkeringat atau beraktivitas.

Gunakan pelembab wajah yang cocok untuk tipe wajah Anda
Seperti bagian organ lainnya, kulit pun membutuhkan nutrisi baik dari makanan yang Anda konsumsi, maupun dari produk yang dioleskan pada kulit secara langsung. Berikan kulit Anda nutrisi yang optimal dengan memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Gunakan tabir surya
Sudah sering disebutkan sebelumnya bahwa tabir surya dapat mencegah terbakarnya kulit akibat sinar matahari (sunburn) dan pencegahan terhadap kanker kulit, namun ternyata terbukti bahwa tabir surya dapat berpengaruh terhadap photoaging (penuaan pada kulit). Jangan lupa oleskan tabir surya setidaknya SPF 30 sebelum Anda beraktivitas, dan ulangi pemakaian setiap 2 jam sekali untuk mendapatkan perlindungan maksimal pada kulit Anda.

Bila ada jerawat, sembuhkan dahulu jerawat Anda.
Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialik kulit dan kelamin bila mengalami jerawat sehingga dapat diberikan obat yang sesuai dengan kondisi Anda. Yang perlu diperhatikan ialah hindari paparan sinar matahari jika menggunakan obat jerawat atau gunakan sunblock dengan SPF minimal 30. Namun memilih sunblock juga harus berhati-hati karena sebagian besar dapat memicu munculnya komedo lebih banyak, pilihlah sunblock dan semua produk perawatan kulit yang berlabel non-comedogenic. Pada jerawat yang berukuran besar dan meradang dapat diberikan suntik kortikosteroid. Jauhkan tangan Anda dari jerawat.

Langkah yang dapat ditempuh untuk mendapatkan warna kulit menjadi lebih rata adalah dengan pemberian obat yang mengandung alfa dan beta hydoxy acid (glycolic acid) , vitamin A, vitamin C, dan bahan-bahan lain yang dapat melupas kulit. Penggunaan hidrokuinone juga sering digunakan untuk keadaan ini. Hidrokuinone bekerja dengan cara memblokade enzim yang berhubungan dengan produksi melanin, yang lantas dapat mencerahkan kulit. Krim hidrokuinone biasanya juga mengandung kandungan seperti kolic acid, glycolic acid, tretinoin dan vitamin c. Pengelupasan kulit juga dapat dipercepat dengan tindakan mikrodermabrasi atau chemical peeling.

Namun, yang terpenting adalah untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin terlebih dahulu guna dilakukan wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis secara langsung untuk menentukan diagnosis dan penanganan yang paling sesuai bagi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai komedo, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar