Sukses

Mata Tercolok

29 Jul 2017, 11:13 WIB
Pria, 41 tahun.

Anak saya usia 4,5 tahun, Mata anak saya kena colok temannya, ditanya keluhannya dijawab tidak ada, namun matanya merah

Terima kasih telahbertanya mengenai mata tercolok melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Trauma mata adalah tindakan sengaja maupun tidak yang menimbulkan perlukaan mata. Trauma tumpul dapat menimbulkan perlukaan ringan yaitu penurunan penglihatan sementara sampai berat, yaitu mulai dari sekedar peradangan pada konjungtiva (lapisan pelindung mata) atau kornea,  perdarahan didalam bola mata, terlepasnya selaput jala (retina) atau sampai terputusnya saraf penglihatan sehingga menimbulkan kebutaan menetap. Hal yang penting diperhatikan adalah apakah anak Anda mengalami pandangan menjadi buram atau tidak? Apakah tampak darah di bagian dalam mata? Atau apakah hanya merah dan rasa mengganjal?

Luka karena colokan sangat dipengaruhi benda yang digunakan untuk mencolok, dan bagian mata yang mencolok. Tentu tercolok benda yang tajam akan menghasilkan efek yang berbeda dibandingkan tercolok tangan. Kondisi lain berkaitan dengan serpihan benda yang mencolok yang mungkin tertinggal di mata. Lebih baik tetap membawa anak ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan karena sering kali anak tidak mau mengungkapkan keluhan yang di rasa. Mata merah bisa mengindikasikan peradangan pada bola mata bagian luar, ataupun bisa menjadi bagian dari gejala kondisi mata yang lebih berat. Oleh karena itu kami tetap menyarankan Anda untuk memeriksakan mata Anak.

 

Sementara hindari penggunaan obat tetes apapun untuk mata. Cegah anak untuk mengucek-ngucek mata karena akan membuat kondisi menjadi lebih buruk.

Demikian informasi mengenai menangani mata tercolok, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar